RUU Sisdiknas Akan Disahkan Secepatnya

user
Danar W 13 September 2022, 06:51 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA, KRJOGJA.com - Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) akan disahkan secepatnya. Demikian diungkapkan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo yang akrab dipanggil Nino,dalam taklimat media di Jakarta, Senin, (12/9/2022) malam.

Masih ada miskonsepsi yang beredar di sebagian kalangan RUU Sisdiknas akan disahkan tahun ini. “Bukan berarti kalau tahun ini dibahas, lantas tahun ini harus disahkan. Itu miskonsepsi yang beredar di sebagian kalangan seolah-olah harus sah tahun ini,” ujar Nino.

Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan proses pembahasan bisa sampai tahun depan. Pihaknya menjamin akan terbuka, partisipatif, dan membuka ruang dialog untuk mengumpulkan masukan terkait RUU Sisdiknas.

Nino mengungkapkan pihaknya ingin agar proses pembahasan dan pengesahan secepat mungkin. Meski begitu, pihaknya tetap berkomitmen tidak mengorbankan prosesnya.

“Ketika kita mulai pembahasan RUU belum selesai akan carry over ke masa sidang berikutnya di tahun tahun depan. Kita ingin secepat mungkin tanpa mengorbankan prosesnya,” jelas dia.

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) resmi mengusulkan RUU Sisdiknas menjadi bagian Prolegnas Prioritas Tahun 2022. Posisi pemerintah menunggu persetujuan DPR.

“Keputusannya apakah tahun ini atau depan itu kewenangan DPR,” katanya. (Ati)

Credits

Bagikan