HUT ke 80 SMPN 1 Yogya, Calon Pemimpin Harus Tahu Cita-Cita Kemerdekaan

user
danar 12 September 2022, 06:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Meski saat ini sudah mengenyam kemerdekaan, namun para calon pemimpin bangsa harus tahu makna dan cita-cita kemerdekaan. Untuk mengetahui makna itu, harus diketahui terlebih dahulu kenapa bangsa Indonesia harus merdeka.

Demikian pandangan Anggota DPR RI dari Dapil DIY, Drs HM Idham Samawi saat menjadi pembina upacara dalam kegiatan Peringatan HUT ke-80 atau Lustrum ke-16 SMPN 1 Yogya yang digelar di lapangan sepakbola SMPN 1 Yogya, Jalan Cik Ditiro Yogya, Minggu (11/9/2022).

Dalam upacara bendera tersebut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Dikpora Kota Yogya, Ketua Komite dan jajaran pengurus, Ketua Paguyuban Alumni SMPSatu (Pastu) Yogyakarta dan ketua lustrum, para alumni senior, panitia lustrum, Segenap Muspika, perwakilan dari mitra, RS Panti Rapih, RS dr YAP, Para kepala sekolah, Mantan kepala sekolah, guru dan karyawan, Perwakilan Ortu dan Pastu.

"Calon pemimpin bangsa harus paham betul kenapa NKRI harus merdeka, cita-cita merdeka. Karena tujuan merdeka ada pada alenia 4 UUD 1945. Pemimpin bangsa harus paham betul pembukaan UUD 1945," pesan Idham kepada para siswa-siswi SMPN 1 Yogyakarta yang hadir dalam upacara tersebut.

Selain upacara, juga digelar pawai budaya yang diikuti para siswa, guru, karyawan, kepala sekolah yang mengenakan pakaian daerah. Pawai budaya dilepas Irjen Pol (Purn) Drs Sidarto Danu Subroto (Pastu paling senior Usia 87) angkatan alumni tahun 1952.

Sidarto sampai sekarang masih menjadi Watimpres Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat melepas pawai budaya Sidarto didampingi HM Idham Samawi (alumni angkatan 66), para alumni lainnya dan kepala SMPN 1 Yogya Dra Y Niken Sasanti MPd. Sedangkan pembacaan sejarah berdirinya SMPN 1 Yogya oleh Ken Utami, alumni tahun 1960.

Menurut Idham yang juga anggota DPR RI, usia SMPN 1 Yogya lebih tua dari NKRI yang lahir atau merdeka 17 Agustus 1945. Sedangkan SMPN 1 Yogya lahir 11 September 1942, tiga tahun lebih tua sebelum proklamasi Kemerdekaan NKRI.

"Mestinya anak-anakku sekalian patut bersyukur ketika kalian dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin bangsa di sekolah yang usianya sudah mencapai 80 tahun. Ini sangat luar biasa, calon-calon pemimpin bangsa yang hari ini sedang disiapkan dari SMPN 1 Yogyakarta. Bentuk rasa syukur itu apa, ya anak-anakku harus rajin belajar dan disiplin," sambung Idham Samawi.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMPN 1 Yogyakarta Dra Y Niken Sasanti MPd mengatakan, lustrum kali ini penuh dengan rasa haru dan syukur. Pasalnya ini adalah pertama kalinya memperingati ultah sekolah dengan meriah setelah pandemi lebih dari 2 tahun. Semoga hari-hari ke depan semakin baik dan aman, nyaman bagi kita semua, sehingga kehidupan berjalan normal kembali dan dunia pendidikan menggeliat kembali dengan berbagai prestasi.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan-kegiatan yang kami adakan untuk mendukung Lustrum yaitu fun walk, baksos (donor darah, mata, THT), pembagian sembako, kunjungan ke TMP, lomba akademik dan non akademik, reuni akbar lintas angkatan, pentas wayang kulit, karnaval. (Rar)

Credits

Bagikan