1.200 Achmad Yani Muda Jadi Generasi Digital Kuatkan Bangsa

user
danar 12 September 2022, 09:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - 1200 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Tahun Akademik 2022/2023. Sapa Achmad Yani Muda (Saya Muda) mengusung Tema Generasi Digital Achmad Yani Muda Penguat Bangsa selesai diselenggarakan akhir pekan ini.

Kegiatan Saya Muda dilaksanakan secara hybrid baik luring maupun daring dan diikuti oleh kurang lebih 1.200 mahasiswa baru. Adapun yang menjadi tujuan umum kegiatan adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Rektor Unjaya Dr Djoko Susilo, menyampaikan dengan adanya kegiatan Saya Muda diharapkan agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global yang mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani. “Saat ini era digital, harapan kami mahasiswa Unjaya bisa menjadi sosok yang digital sekaligus penguat bangsa Indonesia. Nilai-nilai kebangsaan harapannya bisa tertanam kuat, yang seiring dengan kemampuan mereka baik secara akademis maupun literasi digital,” ungkapnya, Minggu (11/9/2022).

Humas Sayamuda PKKMB Unjaya 2022, Wahyu Adi Mudiparwanto, menambahkan dalam kegiatan Saya Muda, mahasiswa baru banyak diberikan materi-materi yang bertujuan memberikan bekal awal mahasiswa seperti industri 4.0, kepemimpinan, bela negara, etika bersosial media hingga pencegahan kekerasan seksual dan anti narkoba. Pihak kampus menghadirkan pembicara dari LL Dikti Wilayah V DIY, Peradi dan BNNP DIY.

“Dalam momen kemarin, hadir secara langsung Kepala BNNP DIY Brigjen Polisi Andi Fairan yang memberikan bekal pada mahasiswa baru untuk menjauhi narkoba dengan segala dampak buruknya. Bekal-bekal ini yang kami harapkan bisa menuntun mereka saat menjalani masa belajar nanti dan lulus menjadi pribadi unggul serta bermanfaat,” tandasnya.

Sepanjang penyelenggaraan Saya Muda, mahasiswa baru Unjaya juga menerima penjelasan dari Unit-unit Rektorat diantaranya, Biro Kemahasiswaan, Biro Akademik, perpustakaan dan unit-unit fakultas. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Saya Muda seluruh mahasiswa baru sudah memiliki gambaran mulai dari input, proses dan output akademi. (Fxh)

Credits

Bagikan