Tampil di Panggung Pantel, Siswa SDN Mendungan I Pupuk Rasa Percaya Diri

user
Danar W 22 September 2022, 11:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - SD Negeri Mendungan I yang terletak di antara Pasar Giwangan dan Terminal Giwangan ternyata punya cara seru untuk mengeksplorasi bakat siswa-siswinya. Kamis (22/9/2022), 78 siswa dari kelas 1 hingga 6 mengikuti kegiatan Panggung Talenta Literasi (Pantel) di aula sekolah tersebut.

Para siswa mengenakan kostum hasil kreasi mereka sendiri, tampil membawakan tarian dan gerak lagu yang juga hasil kreativitas mandiri. Para orangtua yang tidak sedang bekerja, meluangkan waktu untuk menyaksikan anak-anaknya tampil, dengan segala hal yang sebenarnya sangat sederhana.

Sigit Muryanto, Kepala SDN Mendungan I mengungkap, Pantel merupakan salah satu bentuk upaya sekolah memberikan ruang kreasi bagi siswa setelah menjalani pembelajaran selama 10 minggu. Menurut dia, pembelajaran literasi dilakukan meliputi membaca, sceintific, financial dan budaya.

“Jadi, anak-anak punya ruang berkreasi setelah menjalani pembelajaran literasi sebelumnya. Di Pantel ini, mereka menampilkan kreasi budaya, tarian membaca puisi dan sebagainya. Tiap kelas menampilkan dua penampilan,” ungkapnya pada KRjogja.com di sela acara.

Pantel diselenggarakan atas kerjasama sekolah dengan komite sekolah. Sekolah berharap, para siswa semakin percaya diri ketika tampil di depan khalayak dan menjadi bekal berharga untuk kehidupan di masa mendatang.

“Ini wahana ekspresi, berani dan percaya diri tampil di depan publik. Harapannya bisa membawa manfaat untuk mereka ke depan. Iman dan taqwa tetap menjadi yang utama, didukung dengan kepercayaan diri dan kemampuan akademis baik, ini yang kami harapkan dicapai para siswa,” sambungnya.

SDN Mendungan I saat ini sedang berusaha memulihkan kondisi setelah diterjang pandemi Covid-19. Pasalnya, jumlah siswa dari yang sebelumnya mencapai 190-an, kini turun menjadi 78 saja di jenjang kelas 1 hingga 6.

“Sekolah kami unik, 50 persen siswa berasal dari luar daerah karena orangtua mereka berwiraswasta bekerja di Pasar Giwangan. Jadi, ketika pandemi tidak ada aktivias, siswa kami mengalami penurunan. Namun saat ini berangsur naik, dan harapannya bisa seperti sediakala,” lanjutnya lagi.

Berbagai pembenahan diakui Sigit telah dilakukan SDN Mendungan I seperti penambahan ruang kelas, aula hingga pelayanan satu pintu di sekolah. Di sisi lain, sekolah mendukung minat bakat siswa untuk berkembang di antaranya dalam bidang olahraga karate, atletik dan catur.

“Siswa kami mewakili Kota Yogyakarta di ajang atletik daerah, lalu beberapa waktu lalu juara karate tingkat nasional secara daring, dan juga lomba pantomim. Anak kami ada juga yang bertanding catur, itu semua sekolag sangat mendukung,” pungkas dia. (Fxh)

Credits

Bagikan