UCY Gelar Bimtek dan Sosialisasi Penjaminan Mutu Universitas

user
Ivan Aditya 22 September 2022, 10:12 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menggelar Bimtek Penjaminan Mutu dan Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Qumon di Auditorium Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), Rabu (21/9/2022). Dalam kegiatan bimtek tersebut setidaknya diikuti 14 orang auditor dan gugus penjaminan mutu tingkat fakultas.

"Kegiatan bimtek dan sosialisasi sistem penjaminan mutu ini untuk meningkatkan keahlian auditor dan penjaminan mutu UCY yang diharapkan dapat meningkatkan standar mutu pelayanan akademik dan non akademik melalui aplikasi Qumon," ujar Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UCY, Dr Eka Priambodo SH MH.

Harapannya kegiatan ini dapat mempermudah dalam melaksanakan proses audit mutu baik internal maupun eksternal, serta memaksimalkan fungsi pengawasan penjaminan mutu pada tingkat UPPS, unit pelaksana teknis dan program studi. Untuk penggunaan atau penerapan sistem penjaminan mutu Qumon tersebut mulai diterapkan tahun akademik 2022/2023.

Sementara Dr Ayudyah Eka Apsari ST SS MT dari Universitas Islam Batik Surakarta mengungkapkan, aplikasi Qumon lebih kepada aplikasi penjaminan mutu universitas.Hal ini dapat dikembangkan sebagai repositori (gudang) dokumen untuk universitas utamanya dapat membantu pelaksanaan audit mutu internal maupun eksternal.

Sebenarnya aplikasi Qumon sendiri sudah lama ada dan setiap tahun dilakukan pengembangan dan update dari Kemenristekdikti sekarang Kemendikbud. "Mau tidak mau universitas harus beradaptasi terhadap aturan yang ada. Tetap kalau untuk UCY saat ini menggunakan aplikasi pengembangan yang terbaru," tambah Dr Ayudyah.

Aplikasi ini dapat melakukan penyimpanan data dan dokumen yang dimiliki universitas dan diigunakan untuk penjaminan mutu maupun audit mutu eksternal dan internal. (*)

Credits

Bagikan