TK ABA Taruna Minomartani 'Field Trip' ke Damkarmat Yogya

user
Danar W 23 September 2022, 09:55 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - TK ABA Taruna Minomartani, Ngaglik Sleman menyelenggarakan kegiatan field trip ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta di kompleks Balaikota Yogya. Kegiatan diikuti seluruh siswa didampingi guru dan perwakilan Komite Sekolah.

Guru sekaligus koordinator kegiatan, Harini menuturkan, kegiatan field trip rutin digelar setiap tahun yaitu di semester awal. Filed trip kali ini dibagi dua gelombang, untuk siswa kelas B dilaksanakan pada 15 September, sedangkan kelas A pada 20 September. "Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan," terang Harini kepada Krjogja.com, Kamis (22/9/2022).

Dijelaskan Harini, saat di Damkarmat, para siswa disambut oleh para petugas Damkarmat, diajak bernyanyi, dikenalkan berbagai peralatan pemadam kebakaran serta dijelaskan cara menangani kebakaran. "Diakhir kegiatan, siswa praktik langsung memadamkan api," ujarnya.

Menurut Harini, field trip merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah yaitu tema 'Pekerjaan'. Tujuannya mengenalkan lebih dekat profesi pemadam kebakaran yang perannya sangat penting manakala terjadi kebakaran di masyarakat. Diharapkan siswa mengetahui cara memadamkan api dengan benar dan aman.

"Misal saat di rumah mati lampu dan penerangan diganti lilin, kemudian api membakar sesuatu, anak tahu apa yang musti dilakukan untuk memadamkan api tersebut dengan aman. Ini juga termasuk bagian dari pendidikan karakter," pungkasnya. (Dev)

Credits

Bagikan