Alat Pengering Mete Tenaga Surya UKRIM Peroleh Dana Hibah dari Kemendikbudristek

user
Danar W 24 September 2022, 03:36 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) yg terdiri dari Haeni Budiati, S.Si, M. Kom dosen prodi Informatika, Emerita Setyowati, S.Si,M.Sc dosen prodi Fisika dan Lukas Agung Heriputranto, SE, MM dosen prodi Manajemen mengambil judul Kombinasi Teknologi Soldry-Digimark Sebagai Booster Kualitas Produksi dan Penjualan Kacang Mete UMKM Desa Karangmojo, Gunung Kidul berhasil memenangkan dana hibah Pengabdian kepada Masyarakat Stimulus (PkMS) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) tahun anggaran 2022.

Tim PKM UKRIM menggandeng mitra UMKM Kacang Mete milik Sumilah yang berlokasi di Desa Bulu, Karangmojo. Kegiatan ini mengangkat 3 program yaitu, (1) pembuatan alat pengering tenaga surya untuk kacang mete (2) peningkatan pemasaran melalui digital marketing dan (3) pencatatan dan pelaporan keuangan berbasis komputer.

Dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pada kegiatan PkM ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa sebagai asisten pelaksana, yang nantinya akan dikonversi ke dalam sks.

Melalui kegiatan PkM ini diharapkan dapat memberikan edukasi pemanfaatan energi terbarukan bagi masyarakat, peningkatan volume penjualan melalui digital marketing dan kemampuan manajemen bisnis bagi UMKM. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan softskill mahasiswa, mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat dan menambah relasi bagi institusi.(*)

Kredit

Bagikan