Alumni Faperta UGM Lebih Berperan di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka

user
Danar W 25 September 2022, 20:10 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kagama Pertanian menyelenggarakan Temu Alumni dan Munas Kagama Pertanian 2022 di Gazebo Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta, Minggu (25/9/2022) diikuti para alumni lintas angkatan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis ke-76 Faperta UGM dan sebagai host alumni angkatan 1982, 1992 dan 2002.

Dekan Fakultas Pertanian UGM Ir Jaka Widada MP PhD menuturkan, peran alumni sangat besar dalam mendukung kemajuan fakultas. Terlebih lagi di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana ada 20-40 SKS mahasiswa belajar di luar kelas (magang). "Peran alumni semakin besar di era MKBM yang menjembatani/memfasilitasi para mahasiswa magang di perusahaan," terang Jaka kepada KRjogja.com disela acara.

Menurut Jaka, berbagai program dari para alumni (Kagama Pertanian) sangat dirasakan manfaatnya oleh fakultas. Seperti program 'Professional Goes to Campus' yang menjadi wahana berbagi pengalaman para alumni kepada adik-adik mahasiswa. Program lainnya seperti pemberian beasiswa dan masih banyak lagi. "Intinya para alumni mendorong adik-adiknya (mahasiswa) untuk sukses," ujarnya.

Munas Kagama Pertanian diisi penyampaian Laporan Pengurus periode 2017-2022, pembentukan formatur Pengurus Kagama Pertanian 2022-2027 dan pengesahan formatur yang dipimpin oleh Prof Achmadi Priyatmojo (Sekjen Kagama Pertanian). Adapun rangkaian Dies Natalis ke-76 Faperta UGM, sebelumnya telah diisi dengan berbagai kegiatan seperti family gathering, seminar nasional dan lainnya. Puncak dies yaitu penyampaian laporan tahunan oleh dekan.

Ketua Kagama Pertanian (demisioner) Ir YN Hari Hardono mengatakan, tema temu alumni tahun ini yaitu 'Guyup, Rukun, Migunani' yang dapat diartikan bahwa alumni guyup rukun dengan sesama alumni dan terus bersinergi dengan fakultas. Selain itu memberikan kemanfaatan bagi fakultas dan mahasiswa.

"Migunani itu seperti alumni memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi tapi kurang mampu secara ekonomi. Kemudian, alumni juga mendukung akreditasi fakultas, memberikan informasi tentang dunia luar, berdiskusi tentang kebijakan pertanian dan segala macam, jadi hubungan alumni dengan fakultas sangat hidup," katanya. (Dev)

Kredit

Bagikan