GKR Bendara Minta Maba Pariwisata Stipram Siapkan Hati Jika Ngedate Bareng Pacar

user
Ary B Prass 26 September 2022, 10:27 WIB
untitled

Krjogja.com - GKR Bendara menjadi pembicara dalam kuliah perdana mahasiswa baru (Maba) D3 Perhotelan dan S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta, Senin (26/9/2022). 962 mahasiswa yang hadir diingatkan untuk serius menimba ilmu kepariwisataan sehingga nantinya menjadi insan pariwisata berkualitas untuk membangun Indonesia. 
 
GKR Bendara, yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY meminta mahasiswa Stipram untuk bergaul ke berbagai ruang selama berkuliah. Hal tersebut menurut Bendara sangat penting untuk bisa memahami bagaimana pariwisata dikemas dan dikembangkan, terlebih karena mahasiswa pariwisata dinilai sebagai brand ambassador wisata Yogyakarta. 
 
“Anak pariwisata itu kalau hanya nongkrong di alun-alun saja itu sama saja. Anak pariwisata itu harus gaul ke desa wisata, mencari banyak hal yang kita tidak dapat di kampus. Belajar bagaimana cara hospitality, standar yang akan kita berikan pada wisatawan nantinya. Bagaimana teman-teman nantinya memberikan yang terbaik bagi pariwisata di Indonesia. Di daerah masih kurang sentuhan dari insan pariwisata, banyak warga setempat yang tadinya petani atau ibu PKK akhirnya masuk ke industri pariwisata. Ini yang perlu teman-teman sentuh dan jangkau nantinya,” ungkap Bendara. 
 
Bendara juga mengingatkan pada para mahasiswa untuk menjaga komitmen memberikan layanan terbaik nantinya agar pariwisata Indonesia bisa berkembang dan berkelanjutan dengan baik. Hal itu di sisi kehidupan pribadi pasti akan membawa konsekuensi yang harus disiapkan mahasiswa sejak dini. 
 
“Kalau ngedate ya hari Senin saja, karena industri pariwisata akan sangat sibuk pada akhir pekan dan tanggal merah. Ya kita harus siap-siap tidak ada liburnya ya. Inilah insan pariwisata, kita harus siap melayani. Tetap ada hari kerja, namun untuk libur di Sabtu-Minggu itu sangat jarang. Kalau kerja tanggal merah itu bayarannya lebih lho, maka itu harus siap ya jadi insan pariwisata. Pacarnya diberitahu sejak awal ya,” lanjut Bendara tersenyum. 
 
Secara khusus, Bendara juga meminta mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pengembangan desa wisata yang menjadi masa depan pariwisata di berbagai daerah. Mahasiswa diminta bergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menyumbangkan ide, pemikiran dan gagasan dari kampus. 
 
“Pemikiran dan apa yang kalian pelajari ini pasti bermanfaat untuk pengembangan desa wisata. Saya harapkan kalian masuk dalam Kelompok Sadar Wisata di desa untuk membantu merancang substainabilitas desa wisata itu. Lima, sepuluh tahun ke depan akan seperti apa. Bersinergi dengan pihak lain, ini juga bisa kalian lakukan,” tandas putri bungsu Sri Sultan HB X ini. 
 
Sementar, Ketua Stipram, Suhendroyono mengatakan, kampus akan memberikan bekal bermanfaat bagi seluruh mahasiswa yang diharapkan jadi warna bagi pariwisata Indonesia. Menurut dia, predikat Indonesia sebagai salah satu negara terindah dunia harus dipertahankan oleh generasi muda yang ambil bagian aktif dalam industri pariwisata. 
 
“Stipram memiliki peluang untuk memanfaatkan kesempatan langka ini, untuk menggalakkan potensi pariwisata di Indonesia, apalagi ilmu pariwisata sudah diakui saat ini. Mahasiswa Stipram diminta jadi ambassador Jogja dan Indonesia untuk bisa meningkatkan potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia, harus ditangkap betul oleh teman-teman muda ini,” pungkas dia. (Fxh)
 

Kredit

Bagikan