UM Purworejo Raih Peringkat 4 PTS Terbaik se-Jawa Tengah Versi UniRank

user
Ary B Prass 26 September 2022, 14:27 WIB
untitled

Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo berhasil meraih peringkat 4 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik se-Jawa Tengah. Capaian itu berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan universitas dunia, UniRank, per Agustus 2022.
 
UniRank juga menetapkan UM Purworejo berada di peringkat 74 perguruan tinggi terbaik seluruh Indonesia. "Peringkat ke-74 secara nasional," ungkap Rektor UM Purworejo Dr Rofiq Nurhadi MAg, saat menyampaikan Laporan Tahunan Rektor pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Milad ke-58 UMP di Ruang Seminar Kampus 3 Sucen Juru Tengah, Bayan, Sabtu (24/9/2022).
 
Dalam laporan tersebut, Rofik juga menyampaikan jika UM Purworejo berhasil menduduki peringkat ke-7 perguruan tinggi Muhammadiyah dan peringkat 81 nasional versi Webometrics. Capaian tersebut, katanya, meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 
 
Menurutnya, kebijakan pengembangan menjadi fokus yang dilakukan UM Purworejo dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kampus. Hasil dari kebijakan itu, lanjutnya, adalah capaian akreditasi program studi (prodi) UM Purworejo. "Tidak ada lagi prodi yang memiliki akreditasi C pada tahun 2022. 12 Prodi dengan akreditasi B dan 3 prodi dengan peringkat akreditasi Baik," terangnya. 
 
Selain itu, UM Purworejo membuka program studi (prodi) baru, yakni Magister Pendidikan Bahasa Inggris. "Penambahan Prodi S2 tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja universitas dan menjadi contoh perkembangan Prodi S2 selanjutnya," ujarnya. 
 
Rofiq Nurhadi juga melaporkan sejumlah capaian yang berhasil diraih pada berbagai bidang. Mulai dari bidang akademik, sumber daya manusi, keuangan dan administrasi umum, kemahasiswaan, serta kerja sama dan pelaksanaan AIK. 
 
Selain laporan rektor, sidang tersebut juga memperdengarkan pidato ilmiah Dr Junaedi Setiyono MPd. Dosen UM Purworejo itu menyampaikan makalah berjudul “Bersastra Ketika Beragama dan Beragama Ketika Bersastra: Upaya Melebarkan Sayap Dakwah”. 
 
Ketua Panitia Milad ke-58 UMP Purworejo, Dr Anita Rinawati SPd MPd mengemukakan, rangkaian kegiatan Milad ke-58 itu telah dimulai sejak Agustus dan berlangsung hingga November 2022. Milad tahun 2022 mengangkat tema Together Inovatif Beneficial.
 
"Sejalan dengan tema itu diharapkan kita mampu berinovasi dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian agar bermanfaat bagi kehidupan beragama dan bernegara,” tandasnya. (Jas)
 

Kredit

Bagikan