Tim Mbangun Desa(in) UMY Bantu BUMDes Bentuk Badan Hukum

user
Danar W 26 September 2022, 17:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbadan hukum menjadi penting keberadaaanya dalam menunjang percepatan pembangunan sosial dan ekonomi pedesaan. Hal ini karena BUMDes yang telah memiliki status badan hukum akan lebih leluasa dalam mengembangkan bisnisnya, khususnya dalam menjalin kerjasama dengan mitra bisnis.

Tim Mbangun Desa(in) UMY memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan badan hukum kepada mitra BUMDes Katon Margo Sembada Kalurahan Margokaton, Kabupaten Sleman. Dilaksanakannya kegiatan ini didasari dari hasil identifikasi permasalahan mitra pada bidang manajemen yang belum memiliki status berbadan hukum.

“BUMDes yang telah memiliki badan hukum akan memiliki keleluasaan dalam menjalin kerjasama dengan sejumlah mitra, hasil identifikasi permasalahan kami menunjukan BUMDes Katon Margo Sembada belum memiliki badan hukum. Oleh sebab itu, kami melaksanakan pendampingan dalam pengurusan BUMDes berbadan hukum kepada mitra kami,” ungkap Sakir Ridho Wijaya selaku Ketua Tim Mbangun Desa(in) UMY, Senin (26/9/2022).

Fasilitasi yang diberikan berupa penguatan pemahaman tata kelola kelembagaan BUMDes dan pengurusan sertifikat badan hukum. Sehingga Pengurus BUMDes Katon Margo Sembada berkesempatan untuk berdialog dan berkonsultasi terhadap sejumlah permasalahan yang dialami dalam pengelolaan BUM Desa maupun penyusunan badan hukum.

Selain pendampingan pengurusan BUMDes berbadan hukum, Tim Mbangun Desa(in) juga fokus membantu penguatan ekonomi desa melalui pembentukan aplikasi belanjadesa.id. Aplikasi ini nantinya akan berfungsi sebagai pasar digital Kalurahan Margokaton yang dikelola langsung oleh BUMDes untuk penguatan unit bisnis dan produk UMKM.

“Untuk memperkuat digitalisasi juga diberikan pendampingan digital branding BUMDes berupa pembuatan logo, maskot dan tata kelola media sosial,” sambung Sakir.

Sementara, Irdhon, Carik Kalurahan Margokaton menyambut positif adanya pelatihan dan pendampingan pengurusan status badan hukum BUMDes di desa/kalurahannya. Irdhon berharap adanya pendampingan ini BUMDes Margo Katon Sembada segera tersertifikasi badan hukum sehingga dapat mengoptimalkan pemasaran produk melalui aplikasi belanjadesa.id yang juga dibentuk oleh Tim Mbangun Desa(in) UMY.

“Kami terfasilitasi sekali dengan dilaksanakannya program ini, terutama dalam penyusunan kelengkapan persyaratan. Sehingga harapannya BUM Desa segera tersertifikasi dan dapat berkembang,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan