UAD Mewujudkan Desa Mandiri, Sehat dan Sejahtera Melalui Program Riset Desa

user
Ivan Aditya 15 September 2022, 07:36 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Tim pengusul program Riset Keilmuan dengan skema Riset Desa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar program 'Pemberdayaan Masyarakat Desa Ngalang Gunungkidul dalam Mewujudkan Desa Mandiri, Sehat dan Sejahtera'. Program ini dilaksanakan selama 1 tahun dimulai pada bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Desember 2022 ini.

Program ini didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memberdayakan masyarakat desa setempat.

Program riset desa meliputi kegiatan pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengolahan dan pemanfaatan limbah sampah melalui bank sampah, program optimalisasi dan pengembangan empat bank sampah Desa Ngalang, pelatihan pemanfaatan potensi lokal untuk berwirausaha dan pelatihan pengelolaan objek wisata Desa Ngalang.

“Melalui program Riset Desa ini diharapkan dapat membantu Desa Ngalang menjadi Desa yang lebih berkembang menuju desa mandiri, sehat dan sejahtera,” kata ketua tim Riset Desa, Fatwa Tentama di Balai Desa Ngalang, Gedangsari Gunungkidul, Kamis (15/09/2022).

Pengusul program ini terdiri dari ketua Dr. Fatwa Tentama dan beranggotakan Dr. Surahma Asti Mulasari, Desta Rizki Kusuma, M.Sc., Dr. Sulistyawati dan Dr. Tri Wahyuni Sukesi. Program ini juga melibatkan 5 mahasiswa Psikologi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa berperan aktif dalam pelaksanaan Riset Desa ini baik di lapangan maupun di ruang kelas dalam menyelesaikan program-programnya.

“Selain itu tujuan lain program Riset Desa ini sebagai upaya penguatan masyarakat Desa Ngalang terutama kesehatan dan kesejahteraan yang terdampak akibat pandemi Covid-19 melalui pemberdayaan masyarakat” Papar Surahma Asti Mulasari. (*)

Kredit

Bagikan