Tim PKM-K UAD Ubah Limbah Tulang Ayam Restoran Cepat Saji Jadi Pakan Lele

user
Ivan Aditya 05 September 2022, 11:09 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi salah satu program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litabnas) untuk meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi.

Dari program PKM tersebut kelak mahasiswa dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, profesional, dapat menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, serta memperkaya budaya nasional.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dari Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta beranggotakan Nur Ainiati Muna, Aulia Syafadilla Azali, Churin Shirotus Sirly, Annisa Nur Azizah, dan Aribah Chika Fardhanti yang di bimbing oleh Ariati Dina Puspitasari S.Si, M.Pd., lolos pendanaan PKM Kemenristekdikti. Tim yang diketuai oleh Muna ini memiliki judul Pemanfaatan Limbah Tulang Sisa Konsumen Restoran Rocket Chicken Untuk Pakan Ikan Lele.

Tim ini telah berhasil memanfaatkan sisa limbah tulang ayam yang dijadikan sebagai pakan ikan lele. Kegiatan yang berlangsung sejak 1 Juni-5 September 2022 ini memiliki latar belakang bahwa terbukti terlihat adanya peningkatan konsumsi daging ayam di kalangan masyarakat.

"Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa sangat menyayangkan jika tidak ada pengolahan lebih lanjut terkait limbah tulang sisa konsumen daging ayam yang cukup banyak tersebut," ujar Muna, di Laboratorium Pendidikan Fisika Kampus Utama UAD Jalan Ringroad Selatan Kragilan Tamanan Banguntapan Bantul, Senin (05/09/2022).

Maka dari itu tulang ayam khususnya limbah tulang ayam yang ada di restoran Rocket Chicken dimanfaatkan untuk diubah menjadi pakan ikan lele. Alasan lainnya memilih produk pakan ikan ini karena dapat dijual dalam jangka panjang.

"Daripada limbah tulang dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu, kami memilih mengoptimalkan pemanfaatan limbah tulang ayam untuk pakan ikan lele. Untuk pemasaran, kami menamai produk pakan ikan lele dengan sebutan SiTul yang merupakan singkatan dari kata sisa tulang," ungkapnya.

"Kami memilih nama tersebut karena produk pakan ikan lele ini berbahan dasar dari sisa tulang," imbuh Muna.

Kredit

Bagikan