Untuk Berikan Pemahaman dan Wawasan, Literasi Digital Sektor Pendidikan Digelar

user
Danar W 01 Oktober 2022, 02:10 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Sekretaris Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yang mewakili Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Slamet Santoso menyampaikan bahwa literasi digital sektor pendidikan ditujukan untuk memberikan pemahaman dan wawasan mengenai literasi digital.

Pasalnya, Kemenkominfo bersama Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Pandu Digital Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) melaksanakan kegiatan “Kick Off Literasi Digital Sektor Pendidikan Provinsi DKI Jakarta” untuk jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) di Provinsi DKI Jakarta pada 14 September 2022 lalu di Jakarta Convention Center (JCC).

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mendorong siswa, guru dan tenaga kependidikan agar menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif serta berkarakter sehingga dapat meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill dalam memaksimalkan manfaat dari internet dan meminimalisir dampak negatif internet.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman, wawasan yang cukup kepada teman-teman. Nanti kami dari Kemenkominfo melalui Pandu Digital, JSDI dan Kemendikbudristek akan memberikan pendidikan literasi digital untuk teman-teman di SMK ini," ujarnya dalam keterangannya pada Kamis (29/9/2022).

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00.

Merespon hal tersebut, Kemenkominfo dan Pandu Digital berkolaborasi dengan sejumlah lembaga pendidikan dan sekolah-sekolah di Indonesia untuk meliterasi masyarakat tentang materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Sementara Satuan Tugas Pandu Digital, Anshar Syukur menjelaskan mengenai program literasi digital sektor pendidikan dari Kemenkominfo melalui Pandu Digital yang sudah menjangkau sekolah-sekolah di Indonesia.

"Pandu Digital sudah merambah ke sekolah-sekolah di Indonesia kurang lebih sebanyak 500 sekolah" jelas Anshar Syukur.

Wakil Sekretaris JSDI, Sunarto menyampaikan harapannya pada kegiatan tersebut, "Mudah-mudahan kegiatan kita pada kesempatan ini kedepannya bisa lebih maksimal untuk para siswa siswi SMK belajar bersama JSDI agar meningkatkan kecakapan digital".

Kegiatan Kick Off Literasi Digital Sektor Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Seminar Literasi Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo bersama Pandu Digital JSDI.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan literasi mengenai teknologi digital melalui sektor pendidikan.(*)

Kredit

Bagikan