Ajang ONIMPA-PT, Mahasiswa Biomedicine i3L Sukses Raih Medali

user
Danar W 05 Oktober 2022, 19:50 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menjadi salah satu juara pada pada Kompetisi Kompetisi Nasional Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (ONMIPA) 2022 pada bidang Biologi.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi itu merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional untuk jenjang pendidikan tinggi. Kompetisi itu memperlombakan bidang matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi sejak Juni 2022, lalu disaring ke tingkat wilayah hingga berakhir di tingkat nasional.

Humas i3L Azalia Imani mengatakan, kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional ini merupakan ajang kompetisi bergengsi untuk jenjang Pendidikan tinggi.

Azalia menuturkan i3L telah menyiapkan tim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi tersebut selama kurang lebih 4 bulan. Persiapan dilakukan mulai dari rekrutmen untuk mengikuti seleksi di tingkat internal kampus, lalu ke tingkat daerah, hingga akhirnya terpilih mahasiswa yang lolos hingga tingkat nasional.

Joan Nadia, mahasiswi dari i3L jurusan Biomedicine, memenangkan kejuaraan cabang biologi dan meraih medali perak dalam perlombaan itu. Pada kompetisi tersebut, Joan bersaing dengan 65 peserta lainnya dalam olimpiade cabang biologi. Sebelum maju ke olimpiade skala nasional, mahasiswi i3l itu telah melewati berbagai macam seleksi.

“Awalnya saya mengikuti seleksi internal di i3L. Setelah itu, saya lanjut ke seleksi tingkat wilayah LLDIKTI III secara online. Mengingat berbagai tanggung jawab akademis yang saya juga harus penuhi selama proses lomba, saya tidak menyangka dapat lolos ke olimpiade nasional. 3 orang lolos dari i3L: saya, Alicia Cherie angkatan 2021, dan Steve Makalew angkatan 2019,” jelas Joan.

Joan berharap kompetisi itu dapar mendukungnya untuk terus melakukan inovasi di bidang Biomedis, jurusan yang diampunya di i3L. “Biomedis adalah bidang yang masih jarang di Indonesia, tetapi sudah berkembang pesat di negara-negara maju. Perannya sangat signifikan dalam mendukung profesional medis melakukan prosedur medis termasuk pengumpulan data, analisis, diagnosis, dan terapi. Berinovasi dalam bidang ini dan mungkin banyak bidang lain juga, menurut saya juga menuntut pemahaman dan kesadaran (awareness) lintas konsep dalam biologi. ONMIPA menurut saya mendukung pengembangan dalam aspek ini,” tutur Joan.

“Saya harap untuk seterusnya saya dapat memberikan yang terbaik kesempatan-kesempatan lainnya - baik kompetisi atau bukan, di kemudian hari, karena tujuan yang lebih besarnya adalah menjadi mahasiswa yang utuh (well-rounded student). Semoga seluruh teman-teman almamater i3L juga bersemangat dan dapat turut mengharumkan kampus dengan mengikuti berbagai kompetisi, baik dari Puspresnas maupun lembaga-lembaga lain”, tutupnya.

Segenap civitas academica i3L lantas mengucapkan selamat kepada para medalis ONMIPA 2022. Mereka juga mengapresiasi Joan sebagai salah satu mahasiswa i3L yang turut berjuang pada bidang biologi. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemantik prestasi lainnya yang dapat mengharumkan nama almamater.

Azalia menambahkan, prestasi yang membanggakan itu dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa i3L agar tetap produktif dan berprestasi mengingat terdapat peluang lebar dari berbagai ajang perlombaan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional baik dalam bidang penalaran, kreativitas, kewirausahaan, dan lain sebagainya.

“Laksanakan sebaik-baiknya, maksimalkan, tulis apa yang diketahui, dan selalu menghubungkan diri dengan peluang yang ada di sekitar untuk selalu semangat,” jelasnya.(Ati)

Kredit

Bagikan