Tim Pengabdian Universitas Janabadra, Berdayakan Kelompok Tani Kopi Balerante

user
Danar W 06 Oktober 2022, 23:10 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Tim Pengabdi dari Universitas Janabadra melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan untuk Kelompok Tani Kopi Balerante, Kemalang, Klaten, Senin (3/10/2022). Kegiatan ini sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tahun 2022 mendapat pendanaan dari Kemendikbudristek melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM).

Tim pengabdi merupakan kolaborasi dosen dari 3 program studi di Universitas Janabadra yaitu Prodi Agribisnis (Retno Lantarsih), Prodi Ekonomi Pembangunan (Rini Raharti), dan Teknk Sipil (Nindyo Cahyo Kresnanto). Dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa sebagai implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Retno Lantarsih sebagai Ketua Tim Pengabdi mengungkapkan, berdasar hasil survey dan diskusi dengan kelompok tani, petani kopi Balerante masih mengalami kendala di antaranya dalam budidaya kopi, rendahnya kualitas green bean yang dihasilkan pada saat musim hujan, serta terbatasnya kemampuan pengelolaan SDM dan keuangan.

Menurut Retno, pemberdayaan kelompok tani kopi diawali dengan kegiatan pelatihan budidaya kopi dengan melibatkan peran aktif peserta pelatihan. Untuk mendukung pengelolaan kedai kopi, melalui kegiatan PPM ini, kelompok tani mendapat bantuan peralatan penyajian kopi, pelatihan SDM dan pembuatan laporan keuangan sederhana.

"Petani juga mendapat bantuan peralatan untuk pemeliharaan tanaman kopi, rumah pengering kopi, dan bantuan bibit kopi," terang Retno.

Tanggapan posisif terhadap kegiatan pengabdian oleh Tim Pengabdi dari Universitas Janabadra, antara lain disampaikan oleh Janu (perwakilan Kelompok Tani Bumi Handayani), Frisca Frankostoro (dari Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi Jawa Tengah) dan Kurniawan Edi Prabowo (PPL Kecamatan Kemalang).

Mereka merasakan manfaat dari kegiatan pendampingan dan pemberdayaan yang diberikan oleh Tim Pengabdi, seraya beharap kerja sama dengan Universitas Janabadra bisa berlanjut dan berkesinambungan. "Semoga kedepan ada program lanjutan dari Universitas Janabadra yang bermanfaat bagi masyarakat Balerante," kata Janu. (Dev)

Kredit

Bagikan