School Assembly di SD Tinom, Godean

user
Danar W 29 November 2022, 07:10 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - School Assembly: Program Organisasi Penggerak (POP) dan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) digelar di SDN Tinom, Sidoarum, Godean, Sleman, Senin (28/11/2022). Tak hanya untuk kelas 5 hingga 6 seperti tahun lalu karena Pandemi Covid-19, kali ini juga diikuti seluruh siswa termasuk kelas 1 hingga 3.

Kepala SDN Tinom Dra Nur Syamsiani MPd, menyebutkan, kegiatan ini menampilkan kreativitas siswa setelah mengikuti POP yang merupakan program dari Kemendikbudristek dengan pendamping Yayasan Abisatya. Pada School Assembly kali ini, pentas dan pameran POP diselenggarakan bersama-sama waktunya dengan P5. Untuk pentas antara lain berupa nyanyi tunggal maupun bersama, tarian, pidato, dan beberapa lagi. Sementara pameran berupa karya sastra, foto, dan karya lain. POP di sekolah ini dijalankan selama empat semester mulai Juli 2021 dan akan berakhir tahun 2023.

Direktur Yayasan Abisatya Ferry Timur Indratno MHum menyebutkan, yang dilakukan selama POP antara lain Literasi Kelas Awal untuk siswa kelas 1 hingga 3 SD. Tujuannya agar anak-anak bisa berliterasi, mengucapkan sesuatu dengan baik, juga mendengarkan, membaca, dan melihat. Menurutnya, Literasi Kelas Awal ini baik untuk kehidupan apalagi setelah ini diperkuat dengan Sanggar Kreativitas setelah duduk di kelas 4 hingga 6 seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

Sanggar Kreativitas berupa Photo Voice, Public Speaking, Story Telling, dan Menulis Kreatif yang seluruhnya ditampilkan dalam berbagai kreasi di atas panggung maupun pada papan dan meja pameran. Karya siswa yang ditampilkan kali ini, kata Ferry, lebih greget, berani, dan kreatif.

Disinggung juga tentang Pengasuhan Disiplin Positif, yakni pengasuhan yang mengedepankan dialog. Mengajak siswa bernalar kritis, yang baik dilakukan yang tidak baik tidak dilakukan. (Ewp)

Kredit

Bagikan