TK/KB ABA Taruna Minomartani Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Lewat 'Market Day'

user
Danar W 04 Desember 2022, 21:10 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - TK ABA Taruna dan KB Aisyiyah Taruna Minomartani berupaya menanamkan jiwa berwirausaha kepada peserta didik sejak dini. Berkolaborasi dengan paguyuban orang tua siswa/komite menggelar 'Market Day' di lingkungan sekolah setempat, Jalan Mujair Raya, Minomartani Ngaglik Sleman, Sabtu (3/12/2022).

Guru sekaligus penanggung jawab kegiatan, Sri Lestari menuturkan, market day kali ini menonjolkan makanan dan minuman tradisional, seperti aneka jenang, lemper, nasi kuning dan lainnya, di samping ada juga makanan kekinian seperti takoyaki dan sejenisnya.

"Setiap harinya (saat kegiatan belajar mengajar) siswa sudah kita berikan snack berupa makanan tradisional, dan kita perkuat di market day ini, tujuannya agar anak lebih mengenal jenis-jenis makanan tradisional, tidak melulu makanan modern/kekinian," terang Sri didampingi Dewi Ariyani selaku koordinator kegiatan dari pihak komite sekolah kepada KR di sela kegiatan.

Menurut Sri, banyak pembelajaran yang didapat anak melalui kegiatan market day. Antara lain melatih anak melakukan jual beli, menawarkan barang dengan baik dan sopan serta mengenalkan mata uang rupiah. Selain itu melatih kerja sama, kekompakan dan berkomunikasi antarsiswa.

"Diharapkan anak menjadi lebih mandiri, cinta terhadap makanan tradisional, dan tak kalah penting menanamkan jiwa berwirausaha sejak dini, sebagi bekal saat mereka dewasa," ujarnya.

Dewi Ariyani menambahkan, paguyuban orang tua siswa mendukung penuh program-program sekolah demi kesuksesan pendidikan putra-putrinya. Sebelumnya, komite sekolah mengadakan lomba menghias kelas. Tujuannya, selain agar siswa lebih nyaman belajar di dalam kelas, lomba ini juga sebagai ajang memperkuat kekompakan antar orang tua siswa.

"Partisipasi para orang tua siswa sangat tinggi dalam market day maupun lomba menghias kelas, sejak persiapan hingga pelaksanaan. Semoga sinergitas sekolah dan komite semakin kuat," katanya. (Dev)

Kredit

Bagikan