UNS Tambah Empat Guru Besar

user
Ivan Aditya 06 Desember 2022, 10:11 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Jelang akhir tahun 2022, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tambah empat guru besar. Mereka dikukuhkan rektor Prof Dr Jamal Wiwoho dalam sidang senat terbuka di auditorium GPH Haryo Mataram kampus Kentingan Solo, Selasa (06/12/2022) siang. Empat guru besar baru adalah Prof Dr Soehartono SH MHum dan Prof Dr Lego Karjoko SH MH dari Fakultas Hukum, Prof Dr Eko Surojo ST MT dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Prof Dr Triana Kusumaningsih SSi MSi dari Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sebelum dikukuhkan masing masing menyampaikan orasi. Prof Suhartono menyampaikan Penegakkan Hukum Berbasis Paradigma Hukum Profetik untuk Mewujudkan Keadilan Substansial. Ia mengatakan terjadinya kasus pelanggaran hukum yang melibatkan kalangan elit, termasuk pejabat tinggi penegak hukum, seperti oknum jenderal polisi, hakim hakim, jaksa dan sebagainya, karena tingkat ketaatan hukum dan tertib hukum masih tergolong rendah.

Menurutnya, ketaatan hukum, harus dengan contoh dan keteladanan. Itu tampaknya sulit. Di negara maju, tingkat ketaatan hukum dan tertib hukum sangat tinggi melalui proses panjang. Sedang Indonesia sebagai negara berkembang, ketaatan dan tertib hukumnya belum setinggi negara maju dan masih terus berkembang. "Hukum yang baik itu lahir dari jiwa masyarakat," katanya.

Sedang Prof Lego Karjoko berpidato Perkembangan Tafsir Hak Menguasai Negara Dari Reforma Agraria Menuju Corporate Social Responsibility serta Implikasinya Terhadap Konflik Perkebunan. Prof Eko tentang Prospek Rekayasa Bahan Rem Ramah Lingkungan Berpenguat Serat Cantula.

Kemudian Prof Triana mengungkap Derivatisasi Floroglusinol dari Genus Calophyllum dan Investigasinya Sebagai Antikanker. Sekretaris Senat Akademik, Prof Ir Ari Handono Ramelan berharap dengan bertambahnya guru besar dapat memberikan kontribusi bagi UNS, bangsa, dan negara. (Qom)

Kredit

Bagikan