IIEF Pecahkan Rekor MURI Ujian TOEFL ITP Serentak di Lokasi Terbanyak

user
Danar W 06 Desember 2022, 21:30 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Indonesia International Education Foundation (IIEF) merupakan pemegang lisensi tunggal ujian TOEFL ITP di Indonesia pecahkan rekor MURI untuk pemecahan rekor ujian TOEFL ITP serentak di lokasi terbanyak di seluruh Indonesia.

Sebanyak 1.052 peserta yang berasal dari 42 lokasi ujian di seluruh Indonesia terlibat dalam pemecahan rekor Muri kali ini.

Diana Kartika Jahja, Direktur IIEF di Jakarta, Selasa (6/12/2022)mengungkapkan bahwa pemecahan rekor Muri bukan hanya sebagai ajang selebrasi saja.

“Kami coba mengkomunikasikan bahwa IIEF sebagai pemegang lisensi tunggal TOEFL ITP bertanggung jawab untuk memperluas akses masyarakat Indonesia untuk dengan mudah melakukan ujian TOEFL ITP,” kata Diana.

Saat ini IIEF memiliki lebih dari 300 mitra penyelenggara ujian TOEFL ITP di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Para mitra penyelenggara ujian TOEFL ITP terdiri dari institusi perguruan tinggi, sekolah bahasa hingga kantor pemerintah.

Kami memastikan tidak boleh ada orang di Indonesia yang gagal mendaftar beasiswa atau melamar pekerjaan karena kendala tidak tersedia lokasi ujian TOEFL di kotanya”, pungkas Diana.

Saat ini menurut Diana, TOEFL menjadi kunci untuk meraih sebuah kesuksesan. TOEFL digunakan sebagai syarat untuk mendaftar beasiswa, melamar pekerjaan hingga syarat mengikuti tes CPNS. Ke depannya IIEF semakin fokus untuk terus memperluas akses ujian TOEFL ITP sehingga mampu menjangkau berbagai tempat di Indonesia.

Secara global, Indonesia menempati urutan ke-6 untuk rata-rata nilai ujian TOEFL ITP di Asia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Educational Testing Center (ETS). Nilai rata-rata TOEFL ITP pada tahun 2021 di Indonesia adalah 489, mengungguli Jepang (473) dan Thailand (440). Sedangkan urutan nilai rata-rata TOEFL ITP tertinggi dipegang oleh (secara berurutan): India (559), Filipina (570), Malaysia (566), Korea (509) dan Taiwan (489).

“Perlu digarisbawahi bahwa ranking ini tidak mencerminkan kemampuan bahasa Inggris sebuah negara, ranking ini murni hanya sebatas gambaran nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Asia,” tegas Diana.

Nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Indonesia pun menunjukan tren yang positif. Terjadi peningkatan nilai dari 467 di tahun 2019 meningkat menjadi 479 di tahun 2020 dan 489 di tahun 2021. (Ati)

Kredit

Bagikan