Puji Lestari, Profesor Pertama FISIP UPN 'Veteran' Yogyakarta

user
Danar W 05 Maret 2023, 07:10 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Tepuk tangan gemuruh menyambut pidato Prof. Dr. Puji Lestari, S.IP. M.Si bertajuk Komunikasi Hati Aspek Penting Pengurangan Risiko Bencana Sosial dan Mental yang disampaikan di hadapan sidang terbuka senat UPN Veteran Yogyakarta, Kamis (2/3/2023).

Sebelumnya, video perjalanan seorang Puji Lestari hingga menjadi seorang profesor pun ditayangkan dengan sangat apik. Bagaimana ia yang hanya seorang gadis kecil dari Klaten, terlahir dari keluarga yang secara ekonomi pas-pasan, namun bisa menjadi seorang profesor.

“Saya ingin berbagi semangat, dan menunjukkan bahwa apapun bisa dicapai, semua berproses dan itu jangan hanya dilihat dari titik kesuksesan saat ini saja, melainkan ada proses berliku di belakangnya yang dilalui dengan penuh perjuangan,” tutur Puji Lestari di sela-sela sidang pengukuhan profesor yang dilakukan di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta.

Momen pengukuhan inipun menjadi semakin bermakna dan berharga karena di saat yang sama, Puji Lestari juga melaunching dua buku karyanya. Buku pertama berjudul Teori Komunikasi Hati, Analisis dan Implementasi dalam kehidupan, dan buku kedua dikemas dalam 2 bagian yang berisi pidato pengukuhannya berjudul Komunikasi Hati, Oase dalam Kebencanaan dan Kesuksesan serta bagian kedua yang dikemas menjadi sebuah biografi seorang Puji Lestari.

“Di tengah persiapan pengukuhan, sekaligus memproses dua buku yang memang sudah direncanakan untuk ditulis sejak beberapa tahun lalu. Saya ingin momen ini tidak hanya sebatas pencapaian gelar akademik tertinggi sebagai profesor, tapi ada sesuatu secara keilmuan yang bisa dibagi kepada masyarakat luas. Dalam beberapa tahun terakhir, saya memang konsern dengan komunikasi hati dan ternyata ini menjadi sebuah konsep yang sangat menarik dikaitkan dengan kehidupan, baik pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara,” tutur Puji di sela-sela acara pengukuhan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hidup menjadi lebih indah dan harmoni, di saat setiap orang bisa mengimplementasikan komunikasi hati ini dengan benar dan tepat. “Semuanya saya curahkan ke dalam dua buku yang hari ini menjadi buah tangan bagi para tamu yang hadir. Buku pertama mengulas dari sisi teori dan implementasi serta analisisnya, sementara buku kedua menitikberatkan pada implementasinya dalam kehidupan saya sendiri, jauh sebelum mengenal Teori Komunikasi Hati,” tuturnya.

Dengan dikukuhkannya Puji Lestari sebagai Guru Besar Ilmu Komunikasi, maka ini sekaligus menjadi yang pertama di FISIP UPN 'Veteran' Yogyakarta. Puji Lestari yang bersuamikan KJK Ginting yang seorang Karo, tidak lupa memasukkan unsur budaya Karo di dalam pelantikannya. Hal ini dilakukan melalui gelar budaya Karo oleh mahasiswa FISIP UPN 'Veteran' Yogyakarta yang berasal dari Karo, yang dilakukan pasca pengukuhan.

Gelar Budaya Karo dihadiri oleh mahasiswa Karo UPNVY, kampus tetangga, bahkan tamu undangan Karo dari Medan, Bogor, Yogyakarta, dan Jakarta. Berbagai tarian dengan iringan alat musik khas Karo menjadi simbol turut berbangganya masyarakat Karo terhadap pelantikan Puji Lestari sebagai Guru Besar Ilmu Komunikasi.(*)

Kredit

Bagikan