UKSW  PTS Pertama di Indonesia Buka Prodi S3 Ilmu Akuntansi

user
Ary B Prass 10 Maret 2023, 13:37 WIB
untitled

Krjogja.com - SALATIGA -  Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga resmi membuka Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Akuntansi mulai 2023. Prodi ini berada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

Dengan demikian UKSW Salatiga merupakan Perguruan Tinggi (PT) Swasta di Indonesia yang memiliki Prodi S3 Ilmu Akuntansi.

Penetapan Prodi ini tertuang pada Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nomor 149/E/O/2023 tentang Izin Pembukaan Prodi Ilmu Akuntansi Program Doktor di UKSW Salatiga.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, SE., M.Si., Ak., menerima SK Izin Pembukaan Prodi S3 Ilmu Akuntansi bersamaan dengan diterimanya SK Akreditasi Unggul serta pengukuhan dua Guru Besar belum lama ini.

Kepala Departemen Akuntansi Ronny Prabowo SE MCom Akt PhD, kepada wartawan, Jumat (10/3/2023) mengungkapkan pembukaan Prodi S3 Ilmu Akuntansi ini adalah salah satu wujud mencapai visi UKSW.

“Pembukaan prodi ini diharapkan dapat menghasilkan aktivitas riset dan karya ilmiah yang berkualitas tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, Ronny Prabowo menjelaskan keunikan yang akan menjadi ciri khas Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB UKSW adalah pendekatan keperilakuan (behavioral accounting) yang akan dikembangkan.

Belum banyak perguruan tinggi yang memfokuskan pendekatan keperilakuan ini. FEB UKSW melihat bahwa informasi akuntansi dipengaruhi oleh perilaku penyusun dan pada gilirannya akan mempengaruhi penggunanya.

Sebagai Prodi S3 Ilmu Akuntansi pertama yang dimiliki perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia ini, menurut Ronny Prabowo, Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB UKSW akan mencetak profil lulusan yang salah satunya adalah mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dalam bidang ilmu akuntansi terutama dengan menggunakan pendekatan keperilakuan.

Target Prodi ini,  bukan hanya sekedar kuantitas mahasiswa yang mendaftar namun juga menjaga kualitas mahasiswa secara selektif demi tetap mempertahankan keberlanjutan prodi.

“Prodi ini berupaya  menstimulasi dan memotivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang excellent   dan Prodi S3 Ilmu Akuntansi didukung beberapa dosen dengan Jabatan Fungsional Akademik (JAFA) Guru Besar dan Lektor Kepala serta kepakaran dan kompetensi yang relevan,” katanya. (Sus)

Kredit

Bagikan