Sebuah Buku Tentang Ong dari Seorang Kolega David Reeve

KHASANAH biografi seorang intelektual kini bertambah dengan terbitnya buku baru berjudul “To Remain Myself : The History of Onghokham” akhir Juni 2022 . Buku ini ditulis oleh seorang kolega dekat Onghokham, Dr. David Reeve yang sama –sama pernah mengajar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI), kini bernama Fakultas Budaya, Universitas Indonesia .

Buku “To Remain Myself : The History of Onghokham” yang ditulis David Reeve dan diterbitkan Asian Studies Association of Australia (ASAA) Southeast Asian Publications Series ini cukup lengkap menggambarkan siapa tokohbernama Ong itu dari berbagai dimensi, baik keluarga, perjalanan Ong, persahabatannya dengan sejumlah intelektual dan tentu pemikiran Ong dalam bidang sejarah sosial.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima Kamis (30/06/2022), David Reeve yang kini Honorary Associate Professor UNSW, mengungkapkan, kesulitan terbesar adalah bahwa semua wawancara dilakukan setelah Ong mengalami stroke. Jadi dia sering sulit dimengerti. Itu sulit bagi kami berdua. Dia sangat frustrasi dan kesal, dan saya frustrasi dan malu.

“Kesulitan berikutnya adalah surat-surat pribadi Ong sangat tidak teratur, atau tidak ada. Dia membenci birokrasi, jadi dia meninggalkan sangat sedikit catatan tentang dirinya sendiri …kecuali untuk publikasinya,” kata ungkap David.

Namun dmeikian, David Reeve mengakui, hal termudah adalah keterbukaan Ong, keinginannya untuk menceritakan kisah lengkap hidupnya. Keterusterangan dan kejujurannya sejauh yang saya bisa menilai. ““Ong berkata dia akan memberi saya semua informasi yang saya inginkan, tetapi dia tidak akan mencoba mempengaruhi kesimpulan. Kesimpulannya terserah saya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI