Ajak Anak Kenali Bagian Tubuh

YOGYA (KRjogja.com) – Kekerasan fisik maupun seksual beberapa kali menimpa anak-anak. Untuk menghindari hal tersebut pengenalan bagian tubuh pada anak perlu dilakukan sejak dini.

Sekolah Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) mengajak siswa playgroup dan TK untuk mengenali bagian tubuh mereka. Termasuk memberi pengertian bagian tubuh yang boleh dipegang dan tidak boleh dipegang oleh orang lain.

"Pemberian materi ini bertujuan agar anak bisa memahami bagian tubuh mereka. Sehingga jika ada orang asing yang membuat mereka tidak nyaman, mereka bisa bilang tidak," terang koordinator acara dari sekolah ECCD-RC Putri Ayu Wulandari Jumat (19/08/2016).

Pemberian materi body mapping ini disampaikan melalui beberapa cara. Untuk siswa playgroup mereka dikenalkan melalui media wayang orang yang terbuat dari kertas. Wayang orang tersebut ada yang laki-laki dan perempuan. Para siswa kemudian dikenalkan bagian tubuh termasuk organ vital yang merupakan bagian tubuh privasi dan tidak boleh dipegang oleh orang lain. Sedangkan untuk siswa TK, body mapping disampaikan dengan cara menggambar tubuh di atas kertas.

"Setelah menggambar tubuh, para siswa harus menempel bulatan kertas hitam untuk anggota tubuh yang pernah sakit, bulatan merah untuk bagian tubuh yang tidak boleh dipegang oleh orang lain. Dan bulatan pink untuk bagian tubuh favorit mereka," beber Wulan. (*-1)

 

BERITA REKOMENDASI