Apresiasi Seni, SMK N 1 Cangkringan Gelar Pertunjukkan Budaya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cangkringan gelar pertunjukkan budaya, Kamis (28/02/2019). Mengusung tajuk ‘The Last For You’ berbagai karya pementasan disajikan oleh puluhan siswa kelas 12.

Guru seni budaya SMK N 1 Cangkringan, Pradikta Prayitna Putra mengungkapkan, pagelaran seni budaya ini diselenggarakan dalam rangka ujian praktik bagi siswa kelas 12. Melalui kegiatan tersebut, siswa pun dituntut untuk mengekspresikan diri melalui karya seni.

“Dalam kegiatan ini siswa tidak hanya memberikan penilaian terhadap suatu seni, tetapi siswa juga dituntut untuk dapat mengekspresikan diri melalui karya seni,” ujarnya kepada KRJogja.com usai pertunjukkan.

Pradikta menambahkan, pagelaran budaya dilaksanakan juga sebagai bentuk pelestarian. Sehingga harapannya, siswa menjadi lebih mencintai kebudayaannya dan terus melanggengkan.

“Mata pelajaran seni budaya bukan semata-mata untuk sekedar mencari niai, akan tetapi bertujuan untuk dapat mengekspresikan diri melalui karya seni, berkreativitas melalui karya seni serta juga sebagai bentuk pelestarian kebudayaan,” imbuhnya.

Kepala sekolah SMK N 1 Cangkringan, Dra. Nurlatifa Nurhidayati, M.Hum pun menyambut baik pagelaran seni budaya yang dilakukan siswa-siswinya. Bahkan, Nurlatifa siap mendukung pertunjukkan-pertunjukkan seni yang bakal dilaksanakan kedepannya.

“Saya mengapresiasi tinggi pertunjukkan ini, kedepannya saya siap mendukung pertunjukkan-pertunjukkan yang akan dilaksanakan,” paparnya. (Satriyo Wicaksono)

BERITA REKOMENDASI