Bergabung di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, Kuasai Ilmu Dirgantara

SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta selama ini dikenal sebagai penyelenggara pendidikan yang memiliki wawasan kedirgantaraan dan pendidikan karakter, berkiprah untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul dan handal untuk menangani komponen dan mesin Pesawat Terbang yang berkualitas dan aman bagi kebutuhan transportasi masyarakat di era modern ini.
 
Pendidikan yang memadukan antara wawasan pengetahuan dan pendidikan karakter ini yang menjadikan SMK Penerbangan AAG Adisutjipto dipercaya masyarakat luas karena memiliki kredibilitas tinggi dalam menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan namun juga memiliki karakter yang kuat sehingga siap diterjunkan dalam dunia kerja. Pendidikan karakter yang diterapkan merupakan pendidikan karakter berbasis militer yang sudah tentu tenaga pendidik dan pengasuhnya ditugaskan dari personil TNI AU. Demi mendukung kelancaran proses belajar, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta memiliki fasilitas mandiri berupa sarana praktik sebuah hanggar dan beberapa pesawat yang dimiliki seperti Pesawat Charlie T34-C dan Pesawat Cessna T41-D, serta Mesin Frais CNC.
 
Kiprahnya dalam menyongsong generasi unggul abdi agama, abdi bangsa dan negara, dan abdi ilmu, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta dengan status sekolah terakreditasi A memiliki beberapa program keahlian diantaranya: 
1. Airframe Powerplant (AP)
Paket keahlian dibidang teknologi penerbangan guna memiliki kecakapan dalam pemeliharaan engine dan sistem terkait fuselage (badan) pesawat terbang.
2. Electrical Avionic (EA)
Paket keahlian dibidang teknologi penerbangan guna memiliki kecakapan dalam pemeliharaan sistem navigasi, komunikasi, dan instrumen pesawat terbang.
3. Aircraft Electricity (AE)
Paket keahlian dibidang teknologi penerbangan guna memiliki kecakapan dalam pemeliharaan sistem kelistrikan pesawat terbang.
4. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Paket keahlian ini mendidik siswa terampil dan unggul dibidang teknik otomotif.
5. Aircraft Machining (AM)
Paket keahlian dibidang teknologi penerbangan guna memiliki kecakapan dalam pembuatan komponen pesawat terbang.
 
 
Adapun persyaratan calon peserta didik baru SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, yaitu :
1. Lulus SMP/MTs/Paket B yang memiliki ijazah dan surat keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli/Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal.
2. Memenuhi persyaratan fisik sesuai dengan ciri khas kejuruan/kompetensi.
3. Persyaratan Administrasi:
a. Mengisi formulir pendaftaran.
b. Menyertakan SKHUN Asli dan fotokopi yang telah dilegalisir rangkap 2 (dua).
c. Menyertakan fotokopi ijazah/STTB yang telah dilegalisir rangkap 2 (dua).
d. Calon Peserta Didik dari luar provinsi menyerahkan surat rekomendasi dari sekolah yang diketahui oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
e. Menyerahkan pas foto 3×4 sebanyak 3 lembar.
f. Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga.
g. Menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit.
h. Menyerahkan fotokopi raport semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir rangkap 1 (satu).
i. Menyerahkan fotokopi KTP orang tua.
j. Menyerahkan fotokopi Akte Kelahiran.
 
SMK Penerbangan AAG Adisutjipto dengan beberapa program keahlian yang ditawarkan dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah dengan nilai akreditasi A sebagai penentu standar mutu dan penilaian suatu penyelengara pendidikan dalam rangka mengelola dan menjamin mutu alumni SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. 
 
Lokasi Pendaftaran PPDB : 
Gedung Timur SMK Penerbangan AAG Lanud Adisutjipto, Jalan Janti, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan dilaksanakan setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB, Telepon (0274) 488385.
Informasi PPDB 
1. Ibu Suharni : 0815  7861  6420
2. Bapak Prana : 0812  2700  5256
3. Bapak Beni : 0857  0134  4222
4. Bapak Fahmi : 0822  6554  6967. (*)
 
 
 
 
 

BERITA REKOMENDASI