Berkompetisi Sengit! Siswa DIY Sabet Sejumlah Medali OPSI

YOGYA, KRJOGJA.com – Prestasi terus diukir oleh siswa-siswa DIY. Baru-baru ini, sejumlah siswa berhasil menduduki posisi juara dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional tahun 2018 yang dilaksanakan di Surabaya, Minggu sampai Kamis (22-26/7/2018) lalu.  

Mereka adalah Fathan Nasrullah Tavrialdi dari SMP Negeri 4 Pakem yang berhasil menyabet medali emas di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Lingkungan serta Almira Salsabila Ghassani Asmara dari SMP Negeri 5 Yogyakarta berhasil mendapat medali perak di bidang yang sama. Kemudian adapula Masterino Wissam Wannawijaya dari SMP Negeri 5 Yogyakarta dan Wahyu Sumantri dari SMP Negeri 1 Bantul yang berhasil meraih medali perunggu di bidang IPA dan Lingkungan. Sedangkan, Gusti Bagus Andriyanto dari SMP Negeri 8 Yogyakarta mampu membawa pulang medali perunggu di bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) dan Rekayasa.

"Kami mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para guru dan orangtua yang telah membimbing anak-anak dengan sabar sehingga bisa mendapat hasil yang memuaskan dalam OPSI kali ini," ujar Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Dra Mulyati Yuni Pratiwi dalam apel pagi yang berlangsung di kantor Disdikpora DIY, Senin (30/7/2018). Yuni yang juga menyematkan kalung medali ke setiap anak menambahkan, prestasi tersebut kado luar biasa untuk pemerintah provinsi (Pemprov) DIY.

Salah satu siswa dari SMP Negeri 5 Yogyakarta, Almira Salsabila Ghassani Asmara menceritakan, penelitian mereka terinspirasi dari banyaknya sampah sisik ikan di pantai. Padahal, jika diolah, sisik ikan tersebut bisa menjadi penyedap masakan alami dan menyehatkan.(M-1)

BERITA REKOMENDASI