Era Pandemi Covid 19, Guru Harus Tingkatkan Kemampuan Pengajaran

Indra menjelaskan era manufaktur sudah bergeser ke era digital, yang mana karyawan tidak perlu hadir untuk absen setiap jam delapan pagi. Oleh karena itu, siswa harus disiapkan untuk belajar dan bekerja pada era digital.

“Jadi, nanti tidak harus ada yang namanya jadwal pelajaran, jadi cara membangun manusianya memang harus diubah pola pikirnya terutama para guru. Guru harus ditingkatkan kemampuannya, terutama kemampuan pengajaran pada era siber,” tuturnya.

Meskipun PTM kembali dibuka, pemerintah tetap harus meningkatkan kualitas PJJ. Sehingga pembelajaran berbasis tatap muka maupun online sama-sama memiliki kualitas yang bagus.

”Para guru juga tetap dipersiapkan mengajar dalam dua model. Yaitu mengajar secara tetap muka dan online,” terang Indra.

Selain itu, dia mengusulkan kemendikbudristek membentuk semacam satgas pendidikan. Satgas itu mengawal proses pembelajaran di tengah pandemi. Satgas berkoordinasi dengan pemda untuk memantau kebutuhan-kebutuhan sekolah.

”Baik untuk mendukung PTM maupun PJJ. Jangan sampai ada sekolah butuhnya buku, diberi kuota internet. Padahal di daerahnya susah jaringan internet,” ucap Indra.(Ati)

BERITA REKOMENDASI