Gandeng RAPI DIY, SMPN 5 WATES Belajar ‘Daring’ dengan HT

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pengelola SMP Negeri 5 Wates bekerja sama Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) DIY melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara ‘daring’. Sosialisasi sekaligus uji coba dilakukan oleh salah satu guru sekolah setempat disaksikan Kepala Sekolah (Kasek) SMP N 5 Wates, Boidi SPd dan Ketua Pengda RAPI DIY, Sulaiman Suseno, Selasa (25/8/2020).

Dalam uji coba guru menggunakan handy talky (ht) yang sudah didukung perangkat lainnya menghubungi para siswa di rumah masing-masing. Layaknya KBM sebelum pandemi Covid-19, guru memulai ngajar dengan menyapa ucapan selamat pagi para muridnya kemudian berdoa bersama-sama.

“Dalam pembelajarannya nanti, guru akan mengajar sesuai bidang studinya masing-masing. Karena itu sebelum pelajaran dimulai siswa harus menyiapkan peralatan terutama buku cetak sebagai acuan pembelajaran,” ungkap Boidi.

Diungkapkan, pembelajaran menggunakan ht sangat membantu. “Selain efektif dan efisien, penggunakan HT juga cukup mudah, hanya saja butuh kesabaran karena dalam berbicara guru dan peserta didik harus bergantian,” jelasnya.

Pihaknya menilai penggunaan HT dalam pembelajaran daring lebih murah sehingga seluruh murid terutama dari kalangan keluarga tidak mampu bisa mengikuti KBM. “Penggunaan HT jauh lebih murah, selain harga pesawat HT terjangkau dalam bulanannya juga tidak memerlukan pulsa untuk kuota internet,” ungkapnya menambahkan dalam ujicoba SMP N 5 Wates mendapat bantuan pinjaman ht dan unit repeater yang ditempatkan di sekolah tersebut.

BERITA REKOMENDASI