Gelar Karya Diklat Calon KS Tamansiswa

YOGYA, KRJOGJA.com – Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah Tamansiswa oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY sudah sampai tahap Gelar Karya, berlangsung secara daring, Rabu – Senin (18-23/8/2021). Peserta calon kepala sekolah berbagai jenjang satuan pendidikan Cabang Tamansiswa seluruh Indonesia. Kegiatan Diklat juga bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS) Surakarta. Pusat kendali pelaksanaan gelar karya secara daring, di Gedung Data Kompleks Pendapa Tamansiswa Yogyakarta.

“Dibagi dalam dua kelas, kelas A 17 orang dan kelas B 19 orang,” jelas Panitera Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTs) Nyi Hermin Tri Prasetyowati MPd, Rabu (18/8/2021). Diantara peserta, ada tiga orang dari luar Tamansiswa.

Peserta harus menyiapkan tugas kegiatan On Job Trining (OJT) 1 dan OJT 2 serta In Service Training (IST) 1. Menyiapkan laporan, presentasi, video unjuk kerja dan video gelar karya. Kegiatan tersebut bagian dari IST 2. Diklat berlangsung secara bertahap, dimulai April 2021 pembukaannya di LPMP DIY sekaligus pelaksanaan tahap pertama.

Dengan adanya diklat ini menurut Hermin, peserta selain memenuhi persyaratan administrasi, juga mempunyai kemampuan sebagai seorang kepala sekolah. Sebelum mengikuti diklat calon kepala sekolah terlebih dahulu mengikuti seleksi administrasi dan seleksi subtansi. Peserta dinyatakan lulus semua seleksi dan dilanjutkan dengan mengikuti diklat.(War)

BERITA REKOMENDASI