Guru SD Berlatih ‘Free Platform’

Kebijakan pemerintah yang membuat pembelajaran secara daring tentunya harus dilaksanakan dengan baik agar pembelajaran bermakna. Program PPM-UNY sendiri ingin bermanfaat dengan membantu guru-guru di Kecamatan Kasihan Bantul dengan pelatihan berbagai free platform yang dapat menunjang belajar mengajar di sekolah.

Dijelaskan, Free platform pertama yang dilatihkan kepada guru adalah Google Classroom yang dipaparkan oleh Vera Yuli Erviana MPd mahasiswa S3 Dikdas – UNY, Google Classroom membatu guru dan siswa agar belajar daring lebih produktif dan bermakna saat membuat tugas, mengirim masukan dan diskusi dalam bentuk chat.

Platform kedua yakni Google Form yang dipaparkan oleh Heru Purnomo MPd melalui pembuatan soal dan presensi secara daring melalui akun Google mereka.

Sedangkan Free Platform ketiga dan keempat yaitu Google Meet dan Quizizz yang dipaparkan oleh Ratna Hidayah MPd dan Puguh Ardianto Iskandar MPd. Materi ini membantu guru melakukan Video Conference dan membuat kuis yang bisa diberikan langsung kepada siswa.

Ditegaskan Muhammad Nur Wangid, plrogram ini berjalan lancar dan memberi manfaat bagi guru di sekolah dasar khususnya di Kecamatan Kasihan, Bantul. ” lMereka mengisi post test yang dapat disimpulkan pelatihan PPM Pascasarjana Dikdas S3 UNY memberi pemahaman dan kreativitas dalam pembelajaran melalui Free Platform yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran daring,” tandasnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI