Home Visit, Strategi Tingkatkan Kualitas Belajar Siswa

BANTUL, KRJOGJA.com – Pandemi Covid -19 tidak dipungkiri sudah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Beragam inovasi kini sudah menjadi keharusan untuk mensiasati keadaan tidak terkecuali bidang pendidikan. Bahkan taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Tembi Timbulharjo Sewon dalam adaptasi kebiasaan baru menerapkan strategi pembelajaran home visit atau kunjungan dari rumah ke rumah. Program tersebut dinilai membantu orangtua.

“Kami merasa terbantu dengan program home visit ini, kerjasama antara guru dan wali murid sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini sehingga kualitas belajar anak semakin meningkat,” ujar salah satu wali murid Rustam Nawawi Pelaco, MPd di Griya Bimbel Nurus Jokerten Gang Kyai Jokerti No 20 Timbulharjo Sewon Bantul, Senin (14/12/2020).

Rustam yang juga anggota Satgas Pusaka Sakinah Desa Timbulharjo mengapresiasi langkah kongkrit TK Negeri Pembina dalam memantau perkembangan anak. Menurut tiori empirisme John Locke kata Rustam, anak itu ibaratkan kertas putih yang kosong atau tabularasa (a blank sheet of paper). Sehingga, dibutuhkan kebersamaan guru dan orangtua dalam membentuk karakter anak.

BERITA REKOMENDASI