Jadikan Siswa Berkarakter, SMA PIRI Yogya Sekolah Terbuka

YOGYA, KRJOGJA.com – SMA PIRI 1 Yogyakarta menetapkan diri sebagai sekolah humanis – multikultur, dimana pendidikan diorientasikan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya yang mampu menjawab tantangan zamannya. Tujuan pembelajaran bukan hanya menekankan aspek pengetahuan, tetapi juga karakternya.

Penjelasan ini disampaikan oleh Waka Humas SMA PIRI 1 Yogyakarta Anis Farikhatin MPd, Senin (15/6/20). Untuk itu, sekolah didesain sebagai wahana belajar hidup bagi peserta didik yang dalam proses pembelajaranya menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar, partisipatif, kritis dan demokratis. Dari proses itu diharapkan muncul kesadaran peserta didik akan realitas dirinya dan lingkungan sekitarnya. Dari kesadaran inilah peserta didik diharapkan mampu berpartisipasi secara aktif dalam realitas sosial yang beragam dan terus berubah.

“Kesadaran akan kebhinekaan inilah yang membuat sekolah PIRI sebagai sekolah terbuka untuk calon peserta didik dari manapun asalnya, apapun latar belakang agama, ras, suku dan etnisnya, ” jelas Anis. Visinya membentuk manusia yang unggul, berakhlak mulia dan berwawasan lingkungan.

BERITA REKOMENDASI