Kompetisi Sains Ruangguru SMA/MA: Siswa DIY Raih Nilai Tinggi di Semua Mapel

JAKARTA, KRJOGJA.com – Siswa dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih nilai tertinggi saat penyelenggaraan Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) tingkat SMA/MA beberapa waktu lalu dan diikuti 20.222 peserta.

Kegiatan hasil kolaborasi Ruangguru dengan Juri Kompetisi Sains Nasional dan Tim Olimpiade Nasional untuk 6 bidang mata pelajaran, yaitu Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

“Hasil evaluasi menunjukkan siswa SMA/MA asal DIY rata-rata meraih nilai terbaik. Beberapa diantaranya nikai tertinggi untuk mata pelajaran matematika, biologi dan kimia. Yang mengejutkan untuk mapel fisika siswa adalah Sulawesi Tengah (Sulteng) yang meraih nilai tertinggi dibandingkan daerah lain. Khusus fisika ini, ternyata rata-rata nilai peserta rendah dibandingkan mata pelajaran lainnya,” ungkap VP Marketing Ruangguru
Untung Surapati saat pertuan virtual, Rabu (8/9/2021).

Untung menjelaskan indeks nilai siswa asal DIY pada KSR mendapatkan hasil sangat baik di semua mata pelajaran meskipun rasio guru terhadap siswa rendah atau 0,004, lalu rasio guru terhadap sekolah relatif sedang atau 15,2 dan PDB/kapita terbilang rendah atau Rp35.646. Hasil ini juga menunjukkan beberapa indikator pendidikan di DIY yaitu jumlah siswa megulang rendah dan jumlah siswa putus sekolah juga rendah.

“Beberapa faktor yang membantu pencapaian hasil ini adalah tingkat penertrasi internet terbilang tinggi 62 persen, banyaknya sekolah swasta sampai jumlah siswa di kelas rendah sekitar 28 orang saja,” ungkap Untung Surapati.

BERITA REKOMENDASI