Kurikulum Berbasis Profil Pelajar Pancasila

YOGYA, KRJOGJA.com – Homeschooling HSPG menyelenggarakan pelatihan ‘Adaptasi dan Implementasi Kurikulum 2013 (K-13)’, Rabu (4/8/2021) di Kampus Homeschooling HSPG Yogyakarta diikuti para guru/tutor. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut, setelah Homeschooling HSPG dipilih oleh Direktorat Pendidikan Non-Formal, Kemdikbud sebagai salah satu lembaga percontohan nasional (dari 100 lembaga) se-Indonesia, khususnya untuk pembelajaran muatan khusus.

General Manager Homeschooling HSPG, Anggo Marantika MSc mengatakan, saat ini Pemerintah sedang menggalakkan Profil Pelajar Pancasila dengan memasukkan 6 dimensi profil pelajar Pancasila ke dalam kurikulum. Seperti ketuhanan, gotong royong, kemandirian, kreativitas dan bernalar kritis. Luaran (output) dari adaptasi dan implementasi K-13 ini, para guru mampu menyusun kurikulum/silabus dan modul pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila.

“Karena sebagai percontohan nasional untuk muatan khusus, nantinya hasilnya (silabus, modul) Profil Pelajar Pancasila akan kita diseminasikan/sebarkan kepada lembaga lain yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya,” terang Anggo kepada KRJOGJA.com di sela kegiatan. Pelatihan diikuti 15 guru Homescholing HSPG menghadirkan narasumber Fauzi Eko Pranyono dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) DIY.

BERITA REKOMENDASI