Maksimalkan Sosialisasi Anggaran Keringanan Tunggakan SPP

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebelum ujian sekolah maupun akhir tahun ajaran kerap menjadi persoalan bagi sebagian orangtua siswa. Terutama yang terkait masih adanya tunggakan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dialaminya. Dewan pun mendorong Pemkot Yogya agar memaksimalkan sosialisasi anggaran keringanan tunggakan SPP.

Menurut Sekretaris Komisi D DPRD Kota Yogya Muhammad Ali Fahmi, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Yogya tahun 2022 terdapat alokasi anggaran sebesar Rp 1.032.215.000 khusus untuk memberikan subsidi keringanan tunggakan SPP siswa.

“Anggaran ini khusus bagi siswa dengan C1 atau Kartu Keluarga (KK) Kota Yogya yang bersekolah di sekolah swasta dalam DIY dan bukan pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS),” jelasnya, Senin (30/5/2022).

Sedangkan bagi siswa di sekolah negeri dan siswa pemegang KMS sudah dapat subsidi biaya pendidikan tersendiri. Oleh karena itu anggaran Rp 1,032 miliar tersebut dapat dimanfaatkan oleh siswa yang betul-betul mengalami tunggakan dan tidak masuk dalam program penjaminan pendidikan.

Menurut Muhammad Ali Fahmi, ketersediaan anggaran untuk keringanan tunggakan SPP ini perlu disosialisasikan lebih masif oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya. Hal ini mengingat masih adanya orangtua siswa yang kesulitan dalam pelunasan SPP akan tetapi belum mengetahui adanya fasilitasi tersebut.

“Terlebih lagi saat ini masih pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu faktor masih ada tunggakan SPP,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI