Meski Tak Sempurna, Anak ‘ABK’ Ini Jago Bermain Angklung

LAGU 'Gundhul-gundhul Pacul' mengalun dari permainan angklung 20 siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dalam sebuah gelar pentas seni di sekolahnya. Satu anak sebagai konduktor memberi aba-aba 19 teman-temannya. Mereka ada yang tuna rungu, lumpuh layu, tuna wicara dan autis. Tetapi permainan angklung itu berjalan dengan mulus.

"Letak kesulitannya pada mengajak mereka untuk berlatih dengan tertib," terang pelatih angklung Dwi Haryanto di SD Taman Muda  IP, Selasa (23/8/2016). Dirinya adalah pendamping ABK dari Yayasan Permata Ananda Yogyakarta.

Menurut Dwi Haryanto, anak-anak bisa menghafal dengan baik nada angklung yang mereka pegang. Itu sebabnya ketika diberi aba-aba mereka bisa meresponnya dan lagu bisa mengalun dengan mulus. Tetapi mereka hanya bisa memainkan nada dari angklung yang menjadi pegangannya. Kalau ganti memegang angklung dengan nada berbeda, mereka tidak bisa. Untuk sementara baru satu lagu yang bisa mereka mainkan. Tetapi Dwi Haryanto optimis, nantinya anak-anak itu akan bisa memainkan lagu lainnya.

Butuh ketelatenan untuk melatih mereka, ternyata mereka bisa, meskipun terbatas. Kesulitannya pada bagaimana membangkitkan perhatian dan minat mereka pada apa yang diajarkan, untuk kemudian mengajaknya berlatih dengan tertib. Mereka terdiri dari siswa kelas 3, 4 dan 5. (War)

 

BERITA REKOMENDASI