Minat Masuk Program Beasiswa STPP Tinggi

YOGYA, KRJOGJA.com – Minat masyarakat untuk mendaftar ke Sekolah Tinggi kedinasan di Kementerian Pertanian, yaitu Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) ternyata cukup tinggi. Program yang akan diikuti Mahasiswa Baru Tahun 2017 adalah Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi Penyuluhan Pertanian. 

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Radjendra Rochyat.SP mengatakan ada 772 pendaftar melalui jalur umum dan berkas yang masuk ada 455 orang. Lulus administrasi ada 262 orang. "Sedang yang ikut ujian tertulis ada 226 orang, dilaksanakan 8 juni dengan materi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan pengetahuan umum bidang pertanian," kata Radjendra. 

Cakupan beasiswa adalah, bebas biaya pendidikan selama 4 tahun (8 semester), wajib tinggal di asrama 1 tahun gratis (tahun berikutnya kos biaya sendiri di luar kampus), bantuan konsumsi / makan selama 4 tahun (tahun pertama makan di kantin asrama selanjutnya diberikan dalam bentuk uang). Dan tahun ini STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta menerima 105 orang calon mahasiswa. 

Pelaksanaan tes dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Drs Gunawan Yulianto MM.MSi yang meminta peserta serius mengerjakan tes. Secara nasional jumlah peserta ujian mencapai 7.634 orang meperebutkan 945 kursi mahasiswa baru beasiswa pendidikan vokasi diploma IV penyuluhan pertanian/ peternakan/ perkebunan. 

"Ujian dilaksanakan serentak dan diawasi penuh dari pusat. STPP merupakan upaya Kementerian Pertanian meningkatkan SDM pertanian untuk mencapai kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani," kata Gunawan. (*)

BERITA REKOMENDASI