Orang Tua Harus Terlibat dalam Pembelajaran Daring

JAKARTA, Pandemi Covid-19 memengaruhi banyak sisi kehidupan manusia, termasuk dengan pola pendidikan anak serta pola asuh anak (parenting). Metode pengajaran dengan sistem daring dinilai cenderung membosankan bagi peserta didik.

Hal tersebut mengemuka dalam webinar “Menstimulasi Motivasi Belajar Anak di Era New Normal” yang diadakan Faber-Castell, Sabtu (10/7/2021). “Metode pembelajaran daring menjadi tantangan bagi kita semua yang terlibat di pendidikan dan parenting,” ungkap Yohana Theresia, M.Psi, psikolog dari Yayasan Heart of People yang menjadi pembicara dalam webinar tersebut.

Menurut Yohana, dalam sistem pembelajaran daring, ditemukan indikasi adanya penurunan motivasi belajar anak. Hal ini, jelasnya, disebababkan banyak faktor diantaranya keterbatasan penguasaan gawai oleh pengajar, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik, kurangnya kontrol orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak, hingga intervensi yang salah dari orang tua.

“Jika motivasi belajar turun sangat berpengaruh ke banyak aspek lainnya, yakni level pemahaman, kreativitas, produktivitas dan tentunya hasil pencapaian pembelajaran itu sendiri,” ujar Yohana.

BERITA REKOMENDASI