Orangtua Bijaksanalah Pilih Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Menanamkan karakter sejak dini menjadi harapan semua pihak, terutama orangtua. Untuk itu, orangtua harus bijaksana mencari dan memilih sekolah bagi anaknya. 

"Karakter menjadi bagian utama dalam pendidikan. Kami berharap betul, orangtua bijaksanalah mencari dan memilih sekolah bagi anak," harap Buono SPd MEng, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam sambutan Khataman Imtihan Alquran SD INTIS School Yogyakarta di Ayola Tasneem Hotel, Jalan Brigjen Katamso, Keparakan, Minggu (12/1/2020). 

Dalam kesempatan  itu hadir dan memberi sambutan Moh Muadin MPd (Kepala SD INTIS School Yogya), Masrifah SE (Direktur SD INTIS School) Ust H Kukuh Hadiwiyono (Ketua UMMI Foundation DIY).

Menurut Buono, pendidikan berlangsung di 3 tempat, keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga, sekolah dan masyarakat harus bersinergi, sebagaimana harapan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara denga konsep Tripusat Pendidikan. 

Ditegaskan, dunia pendidik banyak godaanya, terutama permainan seperti game. Untuk itu, orangtua di keluarga dituntut melakukan pengawasan dan pendidikan yang konstruktif. 'Menanamkan rasa tanggungjawab, mandiri, disiplin pada anak itu sendiri," ucapnya. Itu bisa terealisasi, manakala orangtua memberi teladan dengan perbuatan. 

Sedangkan Moh Muadin MPd selaku Kepala SD INTIS School mengatakan, karakter memang menjadi landasan utama membentuk anak yang beraklak mulia yang bersumber dan berakar dari Alquran. "Khataman Alquran ini sebagai media untuk menghafal, mempelajari isi Alquran dengan benar," ujarnya. Disebutkan, khataman dan imtihan Alquran tingkat tartil dan tahfidz juz 30 dengan metode Ummi ini meluluskan 17 anak/siswa. "Tahun sebelumnya 6 siswa, tahun depan 36 siswa," tuturnya.

Mr Ahmad, Humas SD INTIS School menyebutkan, Indi Kamila Wahfi terpilih terbaik level 5 tingkat tartil, Naura Atasha Kirana terbaik level 6 tingkat tartil serta Muhammad  Firdaus Ramadhan terbaik juz 30. "Dalam acara tersebut dilakukan testimoni wali santri khataman," ujarnya. (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI