Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD Muhammadiyah Karangkajen

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan bentuk kegiatan ilmiah yang dilaporkan secara tertulis.

“Bagi guru sebagai pendidik professional, selain tugas utamanya mendidik,  juga dituntut untuk mengembangkan kompetensi diri dalam menunjang profesionlitasnya,” kata Hanif Cahyo Adi Kistoro MA, Minggu (28/11/2021).

Dijelaskan Hanif, salah satu kompetensi yang dikembangkan adalah tentang penulisan karya tulis ilmiah.  Hal ini merupakan konsekuensi guru dalam jabatan fungsional yaitu dalam pengembanagn keprofesian berkelanjutan (PKB). Menjembatani kebutuhan tersebut, SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta sebagai salah satu sekolah yang mempunyai tujuan peningkatan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah guru, mengadakan bentuk kegiatan dalam tajuk Pelatihan Karya Ilmiah Bagi Guru SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta.

Menurut Aba Idris, SPd selaku Koordinator Bagian Penelitian dan Pengembangan / Litbang Sekolah, menjelaskan, pelatihan ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk menfasilitasi keinginan dan harapan dari Guru-guru SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta yang memiliki semangat tinggi untuk menghasilkan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian atau pengalaman dalam pembelajaran yang telah dilakukan.

“Pelatihan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah karangkajen selama empat kali pertemuan mulai tanggal 22, 29 Oktober, 05 November dan terakhir 27 Nopember 2021,” ucapnya.

Pemateri pelatihan dipercayakan kepada Hanif Cahyo Adi Kistoro, MA yang merupakan trainer dari lembaga training Insight School dan sekaligus dosen di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Sesuai dengan target pelatihan yaitu adanya hasil karya ilmiah, maka dari 22 peserta pelatihan ada 5 guru yang sudah menyelesaikan hasil karya ilmiahnya dan siap untuk diikutkan dalam lomba karya tulis imiah. (Jay)

BERITA REKOMENDASI