Pelatihan Pemanfaatan Platform Online Teknologi Alat Pembelajaran Terbaik

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelatihan Pemanfaatan Platform Online pada Guru SD Muhammadiyah Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman. Pelatihan diisi oleh Zani Anjani Rafsanjani HSM MSc/S1 Matematika UAD (Ketua), Dr Dian Hidayati MM/S2 Manajemen Pendidikan dan Fariz Setyawan MPd/S1 Pendidikan Matematika (anggota) dengan diikuti oleh 33 guru SD Muhammadiyah se-Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman.

Menurut Farid Setyawan, SD Muhammadiyah Minggir merupakan sekolah yang terletak di Prapak Kulon Kapanewon Minggir, Sleman. “Berdasarkan observasi yang dilakukan, tim menjumpai pengetahuan guru terkait teknologi dan informasi masih cukup rendah,” ujarnya, Jumat (18/06/2021).

Hal ini mengakibatkan tingkat pemanfaatan teknologi untuk mendukung pendidikan cukup kecil. Terlebih lagi saat ini guru dituntut untuk banyak memanfaatkan aplikasi-aplikasi berbasis pendidikan. Pada era pandemi Covid-19, kemampuan guru terhadap teknologi sangat diperlukan. Sebab proses pembelajaran konvensional harus berpindah menjadi proses pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, teknologi informasi menjadi alat terbaik sebagai media pembelajaran.

Salah satu yang dapat digunakan adalah google classroom. Namun, pengetahuan guru mengenai platform ini masih kurang. Selain itu, guru juga belum dapat menggunakan platform digital dengan baik.

Dijelaskan Farid Setyawan, pelatihan mengenai penggunaan platform digital dikemas dalam bentuk sosialisasi dan workshop sehingga guru SD Muhammadiyah Minggir dapat mendesain dan melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh dengan lebih interaktif.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kemampuan guru SD Muhammadiyah Minggir terhadap penggunaan platform digital dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19. Adapun pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari kegiatan luring. Pada hari pertama dilaksanakan Sosialisasi penggunaan platform digital kepada Guru SD Muhammadiyah Minggir. Hari kedua Workshop penggunaan Platform Digital pada masa pembelajaran daring. Pelatihan dibuka oleh H Ahmad Perwakilan Majelis Dikdasmen PCM Minggir dengan SD Muhammadiyah Tengahan Kapanewon Kapanewon Minggir sebagai tuan rumah. (Jay)

 

 

BERITA REKOMENDASI