Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Harus Mempertimbangkan ‘5 Siap’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan rencana melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah harus mempertimbangkan “5 Siap”. Siap daerahnya, siap sekolah dan gurunya, siap sarana dan prasarana pendukungnya, siap orang tuanya, dan siap peserta didiknya.

Demikian disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga ,menjawab pertanyaan wartawan, terkait persiapan PTM,di Jakarta Rabu (9/6/2021).

“Melalui Surat Kesepakatan Bersama Empat Menteri pada 20 November 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19, pemerintah menggarisbawahi bahwa kesehatan dan keselamatan anak adalah faktor yang paling utama,” kata Bintang.

Oleh karena itu Menteri Bintang mengatakan prioritas utama adalah kesehatan anak. “Kita sepatutnya memprioritaskan kesehatan dan keselamatan anak selama proses belajar mengajar. Penerapan sistem campuran baik pembelajaran tatap muka (PTM) maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ), harus berprinsip pada kepentingan terbaik bagi anak,” kata Bintang.

BERITA REKOMENDASI