Pemkot Yogya Izinkan Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Terhitung sejak Senin (28/3/2022), seluruh jenjang sekolah yang ada di Kota Yogya sudah boleh menggulirkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen dari kapasitas. Pemkot Yogya sudah memberikan izin terkait pelaksanaan PTM tersebut seiring hasil evaluasi yang dilakukan pekan lalu.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan sudah tidak ada kekhawatiran jika sekolah menyelenggarakan PTM 100 persen. “Hasil evaluasinya seluruh sekolah dan fasilitasnya sudah tersedia. Kemudian selama sepuluh hari terakhir tidak ada laporan guru, tenaga kependidikan atau siswa terkait kasus Covid-19,” tandasnya, Senin (28/3/2022).

Infrastruktur pendukung protokol kesehatan menjadi salah satu unsur penting guna menjamin kedisiplinan bagi seluruh civitas sekolah dalam menjalankan protokol. Kemudian dengan tidak adanya laporan Covid-19 yang terjadi di lingkungan sekolah juga menunjukkan kondisi yang cukup aman. Di samping itu mendekati semester akhir dibutuhkan kesiapan dalam menghadapi kelulusan maupun kenaikan kelas.

Oleh karena itu, imbuh Heroe, dirinya memberikan keleluasaan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) untuk memberikan izin bagi sekolah yang hendak menggelar PTM 100 persen. Kebijakan tersebut berlaku untuk jenjang TK, SD dan SMP yang menjadi kewenangan Pemkot Yogya. “Kalau ada sekolah yang belum siap, tidak masalah. Tidak ada paksaan. Hanya bagi sekolah yang sudah siap saja,” imbuhnya.

Sejak kemarin sejumlah sekolah juga telah menyelenggarakan PTM 100 persen dari kapasitas. Hanya, jam pelajaran tetap disesuaikan serta jangan sampai membebani siswa atau peserta didik.

PTM

BERITA REKOMENDASI