Perkuat Ekosistem, GSM Transformasi Pendidikan dengan Hati Nurani

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) terus melakukan penguatan ekosistem sekolah menyenangkan kepada para kepala sekolah SMK Pusat Keunggulan. Berbeda dari program pelatihan lainnya, GSM ditangkap oleh para kepala sekolah SMK sebagai gerakan yang dapat memantik dorongan internal dalam melakukan perubahan.

Founder GSM, Muhammad Nur Rizal menuturkan, transformasi pendidikan yang dilakukan oleh GSM melalui perubahan mindset, dilanjutkan perubahan perilaku dalam memimpin dan mengajar di sekolah. Jika ini konsisten dilakukan akan menjadi ‘habit’ yang pada akhirnya menjadi ‘belief system’ baru, yakni pendidikan yang menuntun kodrat manusia melalui penalaran dan kesadaran diri.

“GSM mendesain workshop kemudian dibangun komunitas bersama untuk saling belajar, bertukar praktik dan pengalaman untuk menguatkan keyakinan dan kebanggaan menjadi seorang guru penyimpang,” ujar Nur Rizal, Minggu (7/11/2021).

Guru penyimpang adalah guru yang perilaku mengajarnya menyimpang tetapi memberi dampak luar biasa bagi karakter dan hasil belajar siswa-siswanya.

BERITA REKOMENDASI