Prestasi Matematika Rendah, Perlu Belajar HOTS Berbasis Etnomatematika Digital

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan pengembangan soal High Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Etnomatematika. Workshop diselenggarakan secara offline dengan menjalankan protokol kesehatan di SD Muhammadiyah Mertosanan Banguntapan Bantul. Peserta kegiatan sebanyak 20 guru SD  berasal dari SD di Wilayah Kapanewon Banguntapan.

Mukti Sintawati MPd, Tim Pelaksana Kegiatan, Rabu (16/06/2021) mengatakan, latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini, rendahnya prestasi Matematika siswa Indonesia di tingkat Internasional. Hasil evaluasi Programme for International Student Asessment (PISA) di bidang Matematika menunjukkan, siswa Indonesia berada pada peringkat 72 dari 78 negara. Hasil ini mengindikasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Dikatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar guru dapat mengembangkan soal yang dapat melatih kemampuan berpikir siswa, yaitu dengan mengembangkan soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Matematika. Guru dilatih mengembangkan soal HOTS dengan menggunakan konteks budaya yang ada disekitar siswa, atau disebut juga Etnomatematika.

“Tujuan dari penggunaan konteks budaya yaitu agar siswa dapat mengenal budaya melalui Matematika, ataupun sebaliknya, mengenal Matematika melalui budaya,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI