Rayakan Bulan Kemerdekaan dengan ‘Rayakan Merdekamu’

SETIAP tahunnya, bulan Agustus menjadi momentum yang ditunggu-tunggu bagi seluruh rakyat Indonesia. Seakan telah menjadi tradisi, pada bulan kemerdekaan ini, berbagai perlombaan dihelat. Semua orang bersukacita mengisi hari kemerdekaan dengan merayakannya. Namun, selama dua tahun terakhir gema perayaan meredup akibat pandemi Covid-19. Tahun 2021 ini, kekosongan perayaan bulan kemerdekaan itu tidak terjadi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak masyarakat merayakannya lewat lomba “Rayakan Merdekamu”.

Seorang anak perempuan muncul dalam sebuah video dengan berpakaian adat khas Sumatra Barat. Ia menari dengan anggun. Tidak lama, dalam video yang sama si anak mengenakan pakaian adat Bali, lalu berganti dengan pakaian adat Jawa Tengah, dan berganti lagi dengan pakaian bernuansa merah putih sambil menari. Di akhir video, anak perempuan ini bernyanyi dengan merdu menyuarakan isi hatinya tentang Indonesia.

Ada pula video puisi berjudul “Indonesia” yang dibacakan dengan penuh penghayatan oleh seorang siswa SMP. Sambil membacakan puisi, dalam video ia juga mengenakan berbagai pakaian adat dari sejumlah daerah di Indonesia. Bukan hanya itu, ada pula video salah satu guru yang dengan kreatif menggabungkan sosok dirinya dengan beragam pakaian adat dalam satu layar video dan secara bergantian berbicara tentang arti kebinekaan.

BERITA REKOMENDASI