Refleksi Milad Muhammadiyah, Ini Pesan Haedar Nashir

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai salah satu organisasi masyarakat yang berafiliasi dengan agama, Muhammadiyah merupakan salah satu pengusung paham Islam moderat berkemajuan. Paham tersebut sejalan dengan karakter masyarakat negeri Nusantara hingga menjadi Indonesia ini.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr H Haedar Nashir MSi dalam Malam Refleksi Milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke 37 di Masjid KH Ahmad Dahlan  Rabu (28/2) malam. Haedar menyebutkan karakter masyarakat dan Islam yang moderat merupakan hal yang tepat untuk Indonesia.

Tertulis dalam Al -Quran pada surat Al-Baqarah ayat ke 143, Allah SWT berfirman 'Dan demikian (pula) Kami menjadikan kamu ummatan wasathan agar kamu menjadi saksi atas perbuatan manusia'. Kita diperintahkan untuk menjadi umat yang adil, moderat dan proporsional dalam bertindak.

"Banyak dari kita yang berhenti hanya sampai pada tahapan ini, padahal itu harus diikuti dengan keharusan kita menjadi saksi atas apa yang sudah dilakukan oleh kita dan saudara-saudara kita yang lain. Ini yang Muhammadiyah selalu coba ingat dan lakukan dalam setiap tindakannya," ungkap Haedar.

Haedar menyampaikan sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah yang mengusung paham Islam moderat, UMY sudah berhasil mencapai banyak kemajuan. "Kenapa Muhammadiyah selalu memberitakan dan menyebarkan nilai-nilai Islam adalah rahmat yang universal," katanya.

Ini bukan retorika, tapi bukti konkret dalam bentuk amaliah nyata. UMY adalah salah satu buktinya, dengan pemikiran dan sumber daya manusia yang maju, tetapi amaliah juga tetap mencerminkan nilai Islam. Ini merupakan bukti Islam mampu membangun sebuah peradaban untuk menjadi maju," paparnya. (R-3)

BERITA REKOMENDASI