‘Renaissans’ di Bidang Pendidikan Sangat Dibutuhkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Indonesia membutuhkan renaissans di bidang pendidikan. Revolusi pikir secara fundamental terhadap paradigma pendidikan Indonesia dibutuhkan untuk menghadapi pergeseran peradaban yang terjadi saat ini.

Menurut Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal, peran pendidikan yang utama adalah bagaimana agar percepatan teknologi di masa akan datang tidak menggerus peran manusia dalam kehidupan. Ini adalah proyeksi pendidikan di masa akan datang. Maka dari itu, pendidikan yang dipersiapkan harus berdasar pada human centered dan personalisasi.

“Artinya, yang diajarkan tidak hanya mengenai konten-konten pendidikan berbasis akademik melainkan keterampilan skill dan knowledge mengenai ketahanan diri di masa depan, seperti life skill, social skill dan mental balance,” terang Nur Rizal dalam Workshop Penguatan Soft Skill melalui GSM, Senin (8/2/2021). Workshop diselenggarakan bersama dengan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI).

BERITA REKOMENDASI