‘Renaissans’ di Bidang Pendidikan Sangat Dibutuhkan

Dirjen Vokasi, Wikan Sakarinto mengungkapkan bahwa ada permasalahan dari para lulusan perguruan tinggi yang dirasakan oleh pengguna tenaga kerja. Antara lain seputar ketahanan diri dalam menghadapi tekanan dunia kerja, kurangnya komunikasi lisan dan tulisan, bekerja sama dengan tim dan inisiatif yang kurang.

Menurut Nur Rizal, kondisi ini menjadi penanda bahwa renaissans dalam bidang pendidikan sangat dibutuhkan. Pendidikan yang dipraktikkan harus dapat memantik empati dan kepedulian masing-masing individu terhadap peran kemanusiaan di masa depan dan complex problem solving untuk permasalahan yang ada di sekitar.

Untuk mempercepat perubahan tersebut, lanjut Nur Rizal, perlu terjadi juga pergeseran peran leadership para birokrat yang semula cenderung identik dengan permasalahan seputar administratif, menuju purposefulness leadership, yaitu leader yang mampu mengarahkan visi ke depan dengan empati. “Para birokrat didorong untuk menjadi innovator disruptor yang membawa visi kemanusiaan sebelum disrupsi mengendalikan kemanusiaan seutuhnya,” pungkasnya.(Dev)

BERITA REKOMENDASI